Hasil Kerajinan Berau Tampil di INACRAFT 2017

 

TANJUNG REDEB – Berbagai hasil kerajinan tangan masyarakat Kabupaten Berau yang dibina Dewan Kerajinan Tangan Nasional Daerah (Dekranasda) bersama Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Berau, tampil hingga ke tingkat nasional.

Melalui ajang The 19th Jakarta Internasional Handicraft Trade Fair (INACRAFT) 2017, di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta, berbagai produk terbaik Bumi Batiwakkal dipamerkan. Pameran yang berlangsung 26 hingga 30 April ini diharapkan menjadi media promosi unggulan Kabupaten Berau, tidak hanya untuk tingkat nasional namun juga internasional.

Dekranasda Kabupaten Berau juga mendapat undangan untuk menghadiri opening ceremony yang langsung dihadiri Presiden RI, Joko Widodo, Ketua Dekranas Berau, Sri Juniarsih Muharram, bersama Ketua Dekranasda tingkat provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia, Rabu (26/04/2017) kemarin. Dalam kesempatan itu, Sri Juniarsih Muharram juga menyambangi stand Disperindagkop dan Dekranas Kabupaten Berau, untuk memberikan semangat kepada pengrajin yang mengikuti pameran. Didampingi Ketua Dharma Wanita Persatuan Berau, Rohaini Marhansyah, Sri Juniarsih juga mempromosikan langsung berbagai produk kerajinan Berau kepada pengunjung INACRAFT.

Pameran kerajinan di tingkat nasional ini, disampaikan Sri Juniarsih, merupakan kali pertama diikuti oleh Kabupaten Berau. Sebelumnya, Berau juga telah mengikuti Kaltim Fair di Samarinda, yang juga mempromosikan berbagai jenis kerajinan tangan masyarakat Bumi Batiwakkal. Berbagai produk unggulan seperti kerajinan ukiran hingga tenun menjadi daya tarik pengunjung. Bahkan pengunjung pameran langsung membeli beberapa produk yang dipamerkan.

Meskipun baru pertama kali, namun Sri Juniarsih mengaku bangga dengan Dekranasda yang telah berhasil membina pengrajin daerah dan tampil di nasional. Ia berharap dengan semangat ini akan semakin memacu para pengrajin di daerah, guna  menampilkan berbagai karya terbaik dengan mengolah secara optimal sumber daya yang ada di Kabupaten Berau.

“Ini baru yang pertama kali, namun sudah sangat luar biasa, karena berbagai produk kerajinan kita sudah mampu bersaing secara nasional, kita akan terus berupaya ke depan akan semakin baik,” ungkapnya.

 

Melalui gelaran INACRAFT yang diikuti seluruh daerah di Indonesia bahkan dari berbagai negara, dikatakan Sri Juniarsih juga menjadi media belajar bagi Dekranasda dalam pengembangan kerajinan di daerah. Pasalnya, melalui even ini akan menambah pengetahuan dan wawasan karena saling bertukar informasi dan pengalaman antar daerah peserta pameran.

“Ini yang juga menjadi nilai positif dalam kegiatan ini, dan kita harapkan bisa menjadi semangat bagi rekan-rekan di Dekranasda,” imbuhnya.

Dekranasda Berau juga mendapat dukungan dari Dekranas pusat maupun perusahaan swasta dalam membina generasi muda untuk menjadi pengrajin yang handal. Pelatihan terus digelar dengan peningkatan kompetensi dalam mengelola kerajinan yang berkualitas. Sehingga tidak hanya secara kuantitas namun kualitas produk juga menjadi perhatian, sehingga mampu bersaing hingga tingkat internasional.(hms4/bnc)