Dukung MEA, PT Pelindo IV Buka Direct Call

TANJUNG REDEB – Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang dimulai pada 1 Januari 2016 lalu, turut menjadi faktor diberlakukannya direct call atau pengapalan langsung oleh PT Pelindo IV dari Makassar ke negara tujuan ekspor/impor negara asia seperti Korea, Jepang, Cina, Filipina, dan Hongkong.

Doso Agung, Direktur Utama PT Pelindo Ivmengungkapkan, tujuan digenjotnya sistem direct call di Indonesia Timur pada saat ini tidak lain untuk membawa masyarakat dapat lebih bersaing di era MEA, terutama bagi pengusaha ekspor dan impor.

“Dengan adanya persaingan MEA ini juga yang memicu kita untuk terus mengembangkan dan menambah direct call di wilayah-wilayah yang sekiranya berpotensi untuk itu. Seperti yang kita tahu bahwa sekarang ini semua berlomba untuk maju, jadi kita tidak boleh hanya diam dan tidak melakukan apa-apa,” ungkapnya.

Dengan penambahan rute direct call diharapkan mampu meningkatkan ekspor Indonesia Timur ke Korea, Jepang, Cina, Filipina, dan Hongkong yang merupakan negara dengan tingkat ekonomi terbesar di kawasan Asia Pasifik. Selain itu, Doso berkeyakinan melalui direct call ini, akan mampu meningkatkan ekspor Indonesia Timur tiga kali lipat pada Multiport tarif (tarif kepelabuhanan berdasarkan efisiensi perhitungan tarif di beberapa pelabuhan).

Selain itu, hal ini dimaksudkan untuk mengurangi logistic cost yang ada di masing-masing pelabuhan pengumpul di lingkungan Pelindo IV dengan tujuan ekspor melalui pelabuhan Makassar.

Tidak hanya dapat menikmati harga barang yang murah, penambahan rute direct call yang direncanakan PT Pelindo IV termasuk di Kaltim, diharapkan persaingan perdagangan internasional pengusaha Indonesia juga bisa setara dengan negara-negara lainnya, terutama ekspor yang akan semakin ditingkatkan.

“Bukan hanya masyarakat yang dapat menikmati harga barang murah, tetapi secara tidak langsung persaingan dunia perdagangan pengusaha akan semakin lebar terbuka. Dan pendapatan daerah juga pasti akan bertambah seiring dengan majunya perekonomian masyarakat yang dimudahkan dengan direct call tersebut,” pungkasnya.(mta)