Atasi Disparitas Harga, PT Pelindo Dorong ALFI Segera Terbentuk

 

TANJUNG REDEB – Salah satu dampak tingginya harga dan lambatnya arus barang yang masuk ke Berau saat ini ialah, minimnya persaingan perusahaan transportasi dan logistik.

Hal itu dibenarkan General Manajer PT Pelabuhan Indonesia IV (PT Pelindo), Hardin Hasjim, kepada beraunews.com, Jumat (17/03/2017). Dikatakannya, selain minimnya muatan arus balik menggunakan peti kemas, perusahaan penyedia jasa transportasi dan logistik juga mempengaruhi harga barang di Berau.

Untuk mengatasi hal tersebut, salah satu perusahaan yang bergerak dibidang jasa transportasi dan logistik yakni Asosisasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI),  rencananya akan hadir untuk membantu permasalahan tersebut.

Dengan keberadaan ALFI, dikatakannya pelayanan dalam mendistribusikan barang dapat lebih profesional dan teratur. Selain itu, juga dapat menciptakan persaingan antara pemilik usaha jasa transportasi dan logistik, sehingga pelayanan yang diberikan kepada konsumen juga menjadi lebih baik dan terjamin.

“Kita sangat mendukung keberadaan ALFI di Berau, bahkan kita mendorong secepatnya dapat masuk. Sebab, dengan adanya perusahaan yang berbadan hukum yang jelas, dapat menangani pendistribusian barang, mulai dari muatan di pelabuhan, sampai di pelabuhan pembongkaran dan gudang pemilik barang. Sebelumnya belum pernah ada yang terstruktur seperti ini,” ungkapnya.

Tak hanya di Berau, kerjasama antara PT Pelindo dengan ALFI juga terjalin di beberapa pelabuhan lain yang tersebar di beberapa daerah. Dengan kerjasama tersebut, diakui memang roda perekonomian khususnya yang melalui pelabuhan dapat berputar lebih cepat, efektif dan efisien.

“Kita juga sudah lama mengenal ALFI, bahkan di beberapa pelabuhan kita masih bekerjasama. Kalau menurut saya, Berau akan lebih maju jika menggandeng perusahaan yang punya profesionalisme,” ucapnya.

Tak hanya mengharapkan agar proses pendistribusian barang menjadi lebih mudah dan cepat, dengan masuknya ALFI juga diharapkan akan menghambat laju pertumbuhan biaya.

“Dengan adanya ALFI kita berharap biaya logistik bisa jauh lebih murah, yang artinya barang di Berau juga bisa jauh lebih murah dari sebelumnya. Kami sangat harapkan ini dapat terbentuk segera dan menjalin kerjasama yang baik dengan kami,” tandasnya.(bnc)

Wartawan: Marta/Editor: R. Amelia