Daun dan Buah Mangrove Bisa Jadi Makanan dan Minuman Lho!

 

GUNUNG TABUR – Ternyata, Mangrove atau pohon Bakau tak hanya bisa dimanfaatkan batangnya saja lho. Seperti yang dilakukan masyarakat Kampung Batu-Batu Kecamatan Gunung Tabur. Daun dan buah mangrove diolah sedemikian rupa menjadi berbagai macam mulai dari makanan hingga minuman.

Daun dan buah dari pohon Mangrove bisa dijadikan sebagai industri pangan, industri farmasi, industri kerajinan dan Carbon trade (penghasil oksigen pengurang polusi emisi kendaraan-red) dari setiap jenis Mangrove, semuanya dapat dimanfaatkan.

"Nah kuliner di sini manfaatnya sangat banyak, buah perangat itu bisa jadi dodol, selai, sirup, permen. Sedangkan dari buah Perepat itu bisa jadi sabun dan tepung. Kemudian kebetulan di sini banyak Nipah, nah Nipah itu Niranya bisa dibikin sirup, gula, alkohol, cuka, " ucap Ketua Kelompok Wanita Tani (KWT) Mangrove Lestari Jimbaran, Ni Nyoman Yeni Susanti, yang ditemui beraunews.com, Minggu (26/02/2017) saat berkunjung ke Kampung Batu-batu.

Ia juga mengatakan, untuk daun Deruju dapat dijadikan teh dengan manfaat yang sangat banyak. Teh ini dapat mengobati kanker, liver, kencing manis dan juga cacingan.

 

Kemudian ada pula Tanjang. Tanjang dapat dijadikan berbagai bahan kuliner. Seperti tepung, kue kering, donat, keripik Mangrove, stick Mangrove, bakso, dan nugget.

"Tanjang ini paling banyak manfaatnya, karena dia menyerupai tepung jika sudah direbus dan diparut," tambahnya.

Ia pun mengakui jika potensi Mangrove di Kabupaten Berau sangat luar biasa dibandingkan dengan Mangrove yang berada di Bali.

"Potensi Mangrove di Berau ini sangat luar biasa dibandingkan Bali. Meskipun di Bali potensi kurang, tapi kami dapat memanfaatkannya lebih banyak. Sedangkan di Berau, potensinya besar tapi pemanfaatannya kurang. Inilah salah satu tujuan saya datang dan berkunjung ke sini untuk berbagi ilmu dan menjadi fasilitator. Karena sayang sekali dengan potensi besar seperti ini jika pemanfaatannya kurang," tutupnya.(bnc)

Wartawan: Marta/Editor: R. Amelia