Distributor Legal Kena Imbas Makanan Tak Berizin dan Tak Berlabel Halal

TANJUNG REDEB – Maraknya peredaran makanan impor yang tidak mengantongi izin edar dan belum terdaftar di Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) RI, tak hanya membuat masyarakat resah. Para agen dan distributor juga dibuat kelabakan lantaran produk ilegal ini marak dan bebas beredar.

Ferdy Lonald, salah satu distributor makanan impor di Berau mengatakan, pasca mencuatnya keberadaan makanan impor asal korea yang tidak mengantongi izin edar di Berau beberapa hari terakhir, berdampak buruk pada makanan impor miliknya. Diantaranya, penolakan sejumlah minimarket untuk mengedarkan produknya.

“Sebetulnya boleh saja mendatangkan barang impor, tapi diharapkan distributor lain ini mengikuti aturan yang ada, dengan mendaftrakan produk mereka ke BPOM, Dinas Kesehatan, serta mengantongi izin edar, sehingga tidak merugikan distributor lain yang memang sudah resmi terdaftar,” ujarnya kepada beraunews.com, Selasa (07/02/2017).

BACA JUGA : Makanan Tak Berizin Edar dan Sertifikat Halal Beredar Bebas

Selain itu, akibat banyaknya minimarket yang takut memasarkan produk miliknya, ia mengalami kerugian hingga jutaan rupiah. Padahal, produk mie instan kemasan impor miliknya yang beredar di pasaran telah memenuhi persyaratan yang ada di Indonesia.

“Produk kita ini memang dari China, tetapi perusahaan importirnya sudah mendaftarkan ke BPOM, sudah ada sertifikat halal dari Malaysia juga. Untuk sertifikat halal dari Indonesia tinggal menunggu dikeluarkan oleh MUI saja, karena sudah diajukan,” katanya.

Menyikapi ini, Ferdy meminta pemerintah daerah melalui Disperindagkop agar dapat mengambil langkah tegas bagi distributor makanan ilegal di Berau. Karena jika dibiarkan, selain merugikan para distributor resmi lainnya, juga akan merugikan konsumen.

BACA JUGA : Tak Punya SK, Tim Monitoring Makanan Belum Bisa Bekerja

“Kami rugi, konsumen juga resah. Jadi kita minta segera dilakukan monitoring soal makanan ilegal ini,” tutupnya.(bnc)

Wartawan: M.S. Zuhrie/Editor: R. Amelia