Disbun Lakukan Peningkatan Kapasitas Petani Melalui Pendampingan

TANJUNG REDEB – Dalam meningkatkan sektor perkebunan menjadi lebih maksimal, pemerintah Kabupaten Berau melalui Dinas Perkebunan, terus merangsang petani dalam meningkatkan hasil produksi perkebunan di berbagai wilayah. Guna mewujudkan hal tersebut, berbagai program juga telah diturunkan guna mendukung para petani. Dengan tujuan, bantuan tersebut memberikan kemudahan petani dalam mengembangkan perkebunan mereka.

Salah satu hal yang akan dilakukan adalah, membantu meningkatkan kapasitas para petani perkebunan. Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Perkebunan Berau, Sumaryono. Ia menjelaskan, dalam memacu pertumbuhan produksi pertanian, salah satu hal terpenting adalah kemampuan petani dalam mengelola perkebunan miliknya.

Sementara saat ini, dinilainya, masih banyak petani yang belum begitu mengerti dan paham tentang bagaimana caranya memaksimalkan hasil perkebunan menjadi lebih produktif dan meningkat, meskipun di dalam luasan lahan yang sama.

"Nanti akan kita perkuat dengan melakukan pendampingan, agar produktivitas perkebunannya dapat lebih meningkat," ungkapnya pada beraunews.com saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (23/01/2017).

Sektor perkebunan di Kabupaten Berau diakuinya, cukup potensial. Apalagi jika dilihat dari berbagai sektor komoditi. Misalnya saja tanaman lada, kakao, dan kopi. Bahkan, pihaknya juga ke depannya akan melakukan identifikasi terhadap sejumlah tanaman berbagai sektor komoditi yang telah berumur tua. Sebab, umur dari sebuah tanaman akan sangat mempengaruhi produksi. Dengan dilakukannya identifikasi tersebut, tanaman yang sudah berumur tua itu, dapat dilakukan peremajaan.

"Kecuali sawit ya, karena sawit yang ada sekarang umurnya masih terbilang muda. Nah jika nanti itu terwujud, maka kita akan melakukan program rehabilitasi atau peremajaan kembali terhadap tanaman yang sudah tua itu," ujarnya.

Dirinya berharap, sektor perkebunan yang ada di Kabupaten Berau dapat lebih meningkat dari tahun ke tahun. Pihaknya ingin petani dan pemerintah serta pihak ketiga dapat bersinergi, guna mengembangkan sektor perkebunan di Kabupaten Berau.(bnc)

Wartawan: Hendra Irawan/Editor: R. Amelia