Sektor Pertanian Jadi Produk Unggulan

 

TALISAYAN – Sektor pertanian sepertinya masih menjadi sektor penting bagi masyarakat yang ada di wilayah Kecamatan Talisayan. Seperti pemerintah Kampung Bumi Jaya yang menjadikan sektor pertanian sebagai sektor unggulan di kampungnya. Terlebih, pertanian memang memiliki potensi cukup baik untuk dikembangkan.

Kepala Kampung Bumi Jaya, Simprinas Erwan menyebutkan, pertanian masih menjadi sektor unggulan di kampungnya, khususnya kedelai dan padi. Bahkan dikatakannya, sektor tersebut akan dijadikan Badan Usaha Milik Kampung (BUMK) oleh pemerintahnya.

Saat ini dikatakannya, luas pertanian yang telah tergarap sekitar 100 hektar, dan masih ada lahan potensial lain yang belum tergarap, yakni sekitar 100 hektar. Hanya, lanjut dia, dalam membuka lahan masih mengalami kendala dengan pengairan.

Bahkan, akibat belum adanya pengairan tersebut, tidak sedikit petani di kampungnya beralih mengembangkan pertanian kelapa sawit. Meski begitu, pihaknya telah memiliki inisiatif untuk kembali menggiatkan pertanian, yakni menyediakan mesin bor dengan kapasitas 80 meter guna membantu pengairan atau irigasi sawah.

"Itu dianggarkan tahun lalu. Tapi jika berhasil, akan kita anggarkan lagi guna mengairi sawah petani di sini," bebernya.

Meski masih banyak kekurangan dalam mengembangkan sektor pertanian di kampungnya, pihaknya tetap berupaya agar segala kekurangan itu dapat diwujudkan. Baik dengan menggunakan dana ADK maupun melayangkan sejumlah usulan ke dinas terkait, melalui Musrenbang Kecamatan.

"Kita juga selalu menjalin komunikasi dengan PPL (Petugas Penyuluh Lapangan-red) di wilayah Talisayan untuk pengembangan pertanian di sini," tandasnya.(bnc)

Wartawan: Hendra Irawan/Editor: R. Amelia