Sektor Perikanan Bangun Ekonomi Warga Nelayan Talisayan

 

TALISAYAN – Sektor perikanan masih menjadi salah satu andalan bagi masyarakat di Kampung Talisayan Kecamatan Talisayan. Pasalnya, mayoritas warganya memang berprofesi sebagai nelayan.

Disampaikan Kepala Kampung Talisayan Yamsir, hasil laut di Talisayan cukup luar biasa. Bahkan tidak jarang ikan-ikan segar hasil tangkapan nelayannya dibawa ke luar daerah, seperti Sangatta, Balikpapan, Bulungan, dan Samarinda.

"Setiap pagi cukup banyak mobil pickup parkir di sekitar jembatan untuk memuat ikan. Ya memang kebanyakan dibawa keluar daerah, dan dipasarkan disana," ungkapnya kepada beraunews.com, Kamis (12/01/2017).

Ada beberapa jenis alat tangkap yang digunakan nelayan dikampungnya dalam menangkap ikan. Seperti bagan apung atau bagan kapal, pancing, jala, serta bubu. Pihaknya juga menekankan kepada para nelayan untuk menggunakan alat tangkap yang legal dan tidak dilarang, seperti bom ikan, ataupun potasium.

"Yang penting tidak melanggar silahkan. Karena kita selalu berpesan kepada nelayan untuk menangkap ikan dengan ramah lingkungan," bebernya.

 

Ia menilai, sejauh ini tidak ada masalah serius yang dihadapi nelayan dikampungnya dalam melaut. Bahkan, dengan potensi perikanan tersebut, sebagian masyarakat disana ekonominya mulai berkembang. Sebab, selain memasarkan ikan basah atau ikan segar, nelayan juga memanfaatkan ikan-ikan yang tidak laku dijual untuk dijadikan ikan kering.

"Dan ini juga sudah jadi ciri khas Talisayan. Karena setiap ada warga yang berkunjung kesini, saat mau pulang, yang dibawa ikan kering dari Talisayan. Ini juga bagus untuk peningkatan ekonomi nelayan disini," ujarnya.

Hanya, kata dia, salah satu yang diperlukan nelayan dikampungnya yakni tempat penampungan ikan yang hingga kini masih belum tersedia. Hal itu penting untuk menjaga hasil tangkapan nelayan tetap segar dan awet. Untuk mewujudkan hal tersebut, pihaknya juga telah mengusulkan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) itu ke pemerintah terkait melalui Musrenbang Kecamatan.

"Sudah empat kali kita usulkan, tapi memang belum ada respon. Tapi tetap akan kita usulkan hingga permohonan itu direalisasikan," bebernya.(bnc)

Wartawan: Hendra Irawan/Editor: R. Amelia