Berau Bakal Punya Aplikasi Bayar Pajak Berbasis Android

TANJUNG REDEB – Jika sebelumnya Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Berau berinovasi melalui program door prize dengan memberikan hadiah empat unit kendaraan roda dua kepada wajib pajak, kini Dispenda Berau kembali berinovasi dengan segera meluncurkan aplikasi mobile Sipatuh Hore (SIM Hore) berbasis android di Kabupaten Berau.

“Target realisasi direncanakan pertengahan bulan Agustus ini sudah ada hotel maupun restoran yang melakukan pembayaran dengan mobile android (Aplikasi Sipatuh Hore/SIM Hore–red). Dan launching oleh Bupati akan dilaksanakan pada akhir 2016,” ungkap Kepala Dispenda Berau, Maulidiyah saat dihubungi beraunews.com melalui pesan singkat, Rabu (15/6/2016).

Aplikasi mobile Sipatuh Hore atau bisa disebut SIM Hore, dijelaskan Maulidiyah, merupakan sistem informasi pajak hotel dan restoran di Kabupaten Berau yang bisa dioperasikan melalui sistem operasi android.

“Sipatuh Hore (SIM Hore) adalah inovasi yang dibuat oleh Kadispenda Berau dalam rangka pemenuhan tugas Diklat Kepimpinan Eselon II. Keberadaan Pak Aswin (Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur–red) sebagai pembimbing dengan penguji Bapak DR. Makdum Priyatno, MA yang merupakan Ketua STIA LAN, Jakarta. Dan mentornya Bapak Sekda Berau, Jonie Marhansyah,” jelasnya.

Selain untuk sistem informasi pajak hotel dan restoran, dikatakan Maulidiyah, program aplikasi mobil berbasis android ini juga direncanakan untuk sistem informasi pajak lain seperti Pajak Bumi dan Bangunan pada sektor Perdesaaan dan Perkotaan (PBB P2).

“Program ini direncanakan akan berlanjut ke tahun 2017 dengan pajak-pajak yang lain,” pungkasnya.(sai)