Kepemimpinan Baru, Kadin Harus Bisa Kumpulkan Database SDA di Berau

 

TANJUNG REDEB – Keberadaan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Berau, sebagai amanah dari Undang-Undang Nomor 1/1987 tentang Kadin dan Keputusan Presiden Nomor 17/2010 tentang Persetujuan Perubahan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Kadin, mendapat perhatian khusus oleh Rusianto, sebagai Dewan Penasihat Kadin, yang juga sekaligus Anggota Komisi I DPRD Kaltim.

Terpilihnya Fitrial Noor, menggantikan Syahrial Noor, sebagai Ketua Kadin periode 2016-2021, melalui Musyawarah Kabupaten (Mukab) Kadin ke-VI pada 17 Desember 2016 lalu, di Bumi Segah, di apresiasi oleh pria yang akrab disapa Kiang tersebut.

"Pertama-tama saya ucapkan selamat untuk terpilihnya Ketua Kadin yang baru. Karena memang yang terpilih saat ini saya yakin mumpuni untuk memimpin Kadin menjadi lebih baik," ujarnya kepada beraunews.com, Senin (02/01/2017).

BACA JUGA : Pemkab Berau Minta Kadin Ciptakan Peluang Usaha Baru

Terkait dengan masa kepemimpinan Fitrial Noor, ada beberapa hal yang ia harapkan dapat terwujud dari Kadin. Salah satunya ialah merangkul seluruh organisasi usaha termasuk Usaha Kecil Menengah (UKM) serta mendata seluruh potensi sumber Daya Alam (SDA) yang ada di Berau sebagai database para investor atau pengusaha yang akan masuk ke Berau.

Namun, hal-hal tersebut dikatakannya dapat terwujud, jika Ketua Kadin dapat menaungi serta bersinergi dengan baik bersama seluruh anggota Kadin.

"Kunci keberhasilan suatu organisasi adalah ketika seluruh anggota dan Ketua dapat bersinergi dan harus saling transparan. Dan juga Kadin harus bisa mengumpulkan data-data SDA yang ada di Berau, baik dari sektor pertanian, perkebunan, pertambangan, kehutanan maupun kelautan. Itu akan sangat membantu para investor yang berminat menanamkan modalnya di daerah ini," katanya.

BACA JUGA : Peluang Usaha Melimpah, Pengusaha Diminta Buka Mata

Sebagai organisasi berbasis usaha yang merupakan mitra dari pemerintah untuk memajukan Berau melalui dunia usaha, ia juga mengungkapkan, hubungan yang baik dan berkualitas harus dibangun antara Kadin dan Pemkab Berau. Sebab tanpa sinergitas antara keduanya, maka tidak akan dapat berjalan sebagaimana mestinya.

"Lepaskan segala kepentingan politik dari tubuh Kadin, karena memang Kadin ini murni sebagai organisasi usaha yang diharapkan dapat menjadi jalan bagi kesejahteraan masyarakat melalui bidang ekonominya," ungkapnya.

BACA JUGA : Komitmen Para Calon Ketua Kadin Bersaing Untuk Bersanding, Bukan Isapan Jempol

Selanjutnya, ia sangat berharap kepada Ketua Kadin untuk dapat membawa Kadin dan seluruh pengusaha Berau menuju kesejahteraan dalam bidang ekonomi. Terlebih, latar belakang Ketua Kadin saat ini yang sudah beberapa kali menjalani organisasi berbasis usaha seperti HIPMI dan Gapensi.

"Saya yakin dan percaya Ketua Kadin saat ini bisa membawa perubahan dan menjadikan Kadin lebih baik kedepannya. Membenahi internal Kadin dulu. Apalagi memahami bagaimana berorganisasi yang benar, tidak mencampuradukkan dengan kepentingan politik dan sebagainya. Dan yang terpenting lagi, harus diingat bahwa Kadin ini merangkul multi usaha, tidak hanya terfokus pada konstruksi saja," tandasnya.(Marta)