Jelang Natal dan Tahun Baru, Harga Sejumlah Bahan Pokok Melambung

 

TELUK BAYUR – Menjelang Natal dan Tahun Baru, harga sejumlah bahan pokok di Pasar Sanggam Adji Dilayas (SAD), Teluk Bayur, mengalami kenaikan harga yang cukup signifikan.

Seperti harga telur ayam broiler yang biasanya berkisar antara Rp35 ribu hingga Rp38 ribu per piring, kini mencapai Rp42 ribu per piring. Hal itu diungkapkan oleh salah seorang pedagang telur, Dahlan (50), saat ditemui beraunews.com, Selasa (6/12/2016).

Faktor kenaikan harga tersebut, dikatakannya akibat permintaan yang cukup tinggi. Berbeda dengan hari-hari biasanya, permintaan telur stabil sehingga tidak menimbulkan kenaikan harga.

"Sudah hampir dua minggu terakhir harga telur naik drastis. Tapi hal ini biasa terjadi menjelang hari-hari besar, seperti lebaran maupun natal dan tahun baru," jelasnya.

 

Selain itu, harga bahan pokok lainnya yang melambung drastis yakni cabai merah besar. Harga normal cabai yang digemari ibu rumah tangga tersebut berkisar Rp20 ribu per kilogram. Namun, sejak beberapa hari terakhir, harga cabai merah besar bisa mencapai Rp70 ribu per kilogram. Hal itu diungkapkan oleh Bagong, salah seorang pedagang sayuran di pasar tersebut.

"Yang lagi mahal itu cabai merah besar. Harganya naik berkali lipat, apalagi nanti dekat-dekat natal dan tahun baru," ujarnya.

Sementara itu, bawang merah, bawang putih, cabai tiung, dan cabai rawit, berdasarkan pantauan beraunews.com di beberapa pedagang, harganya masih relatif stabil.

Harga bawang merah Rp48 ribu per kilogram, sedangkan bawang putih Rp40 ribu per kilogram. Cabai tiung Rp50 ribu dan cabai rawit Rp45 ribu per kilogram.

"Kalau barang-barang lain seperti sayuran harganya masih stabil sekarang. Tapi kemungkinan akan ada perubahan harga lagi sampai awal tahun nanti," tambahnya.

 

Fahira, salah seorang pembeli yang ditemui beraunews.com di Pasar SAD menyebutkan, dirinya tidak lagi kaget dengan perubahan harga yang terjadi menjelang natal dan tahun baru. Baginya, perubahan kenaikan harga sejumlah bahan pokok tersebut sudah menjadi agenda rutin menjelang hari-hari besar.

"Ya, sudah biasa kalau mau hari besar harga barang pada naik. Selama kenaikan harga masih wajar, saya sih aman-aman saja. Tapi kalau kenaikan harganya sudah sangat jauh, itu yang dikhawatirkan," tandasnya.(Marta)