Hermon Palinggi Pimpin SBSI Berau

 

TANJUNG REDEB – Usai melaksanakan Konferensi Cabang Luar Biasa (Konfercablub) pada tanggal 30 Oktober 2016 lalu, di Hotel Sanggam, Tanjung Redeb, DPC Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) Berau, menetapkan Hermon Palinggi, sebagai Ketua SBSI Berau periode 2016-2020, menggantikan Suyadi sebagai Ketua SBSI Berau.

Terpilih menjadi Ketua SBSI Berau, pria dengan sapaan Hermon tersebut, akan mengubah pola yang selama ini digunakan SBSI Berau untuk mencapai tujuan mereka.

Jika pada kepemimpinan sebelumnya organisasi yang memperjuangkan hak-hak buruh tersebut menggunakan cara-cara yang frontal dalam menyampaikan aspirasi dan tuntutannya, pada periode kepemimpinannya Hermon ingin menggunakan jalan yang lebih baik, sehingga penyampaian aspirasi dan tuntutan juga berjalan dengan baik.

“Selama ini SBSI dikenal selalu frontal dalam menyampaikan tuntutannya, maka setelah ini kita ingin membawa SBSI lebih baik lagi. Kita ingin mengubah pola yang selama ini digunakan menjadi lebih baik lagi. Kalau bisa demo ataupun mogok kerja kita tempatkan pada urutan ke sekian, kalau masih bisa menggunakan cara yang lebih baik tanpa demo. Dalam hal ini Disnakertrans sangat berperan, kita lakukan komunikasi yang intens dan pro aktif kepada Disnakertrans, jika tetap deadlock baru kita gunakan cara tersebut,” ungkapnya saat bertandang ke redaksi beraunews.com, Selasa (22/11/2016).

Selain itu, target SBSI Berau kedepannya ialah membawa SBSI hingga ke Dewan Pengupahan. Menurutnya, dari hasil verifikasi keanggotaan yang dilakukan, SBSI sudah layak duduk di dewan pengupahan sebab saat ini sudah ada sekitar 32 PK (Pengurus Komisariat) yang bernaung di SBSI Berau.

“Kalau berdasarkan Keputusan Menteri, layak duduk di Dewan Pengupahan minimal ada 27 PK. Sedangkan kita saat ini sudah lebih dari itu. Hanya masalah administrasi saja yang masih belum tersusun rapi,” ujarnya.

 

Untuk menduduki Dewan Pengupahan tersebut, pihaknya akan terus berupaya agar hal tersebut dapat terwujud. Namun, demi persatuan dan keberlangsungan organisasi tersebut dengan baik, ia mengajak kepada seluruh anggota yang vakum untuk kembali aktif di SBSI Berau.

“Bagi teman-teman yang selama ini vakum juga kami harap bisa bergabung kembali dalam kepengurusan yang baru. Untuk saat ini memang baru kepengurusan inti, namun ke depan pasti akan kita tambahkan apa yang dibutuhkan agar organisasi tetap berjalan lancar,” ucapnya.

BACA JUGA : SBSI Kaltim Layangkan Surat Pemecatan Suyadi

Dikonfirmasi terpisah, Korwil SBSI Kalimantan Timur, Neneng Herawati Panjaitan membenarkan adanya Konfercablub tersebut. Ia mengatakan, selain melangsungkan Konfercablub, pihaknya juga memberikan mandat pembentukan federasi ke Suyadi hingga Februari 2017.

“Harapan kami kepada Pemkab Berau melalui Disnakertrans, agar dalam dewan pengupahan, semua pihak yang diatur Undang-Undang termasuk SBSI dilibatkan dalam struktur dewan pengupahan serta tetap menjaga kondusifitas Berau dan investasi,” ucapnya singkat.(Marta)