Harga Bahan Pokok Mulai Berubah

TANJUNG REDEB – Memasuki hari kedua bulan Ramadhan, sejumlah bahan pokok mengalami perubahan harga. Hal ini diungkapkan oleh pedagang di Pasar Sanggam Adji Dilayas (SAD) yang ditemui beraunews.com, Selasa (7/6/2016).

Seperti diungkapkan Sri Wahyuni seorang pedagang sayur. Ia mengatakan, harga bawang merah yang sebelumnya mencapai Rp45 ribu per kilogram kini turun menjadi Rp40 ribu per kilogram, bawang putih turun menjadi Rp40 hingga Rp35 ribu per kilogram. Sedangkan harga cabai merah justru meroket dari harga Rp30 ribu per kilogram kini mencapai Rp45 ribu. Tak hanya itu, harga sayur mayur seperti kol dan terong juga mengalami kenaikan.

"Kemarin pas hari pertama puasa beberapa bahan pokok khususnya sayuran memang banyak yang naik. Soalnya petani-petaninya banyak yang tidak panen. Tapi hari ini, sudah ada beberapa harga yang turun, ada juga yang naik. Seperti terong, biasanya harganya Rp4 ribu per ikat sekarang bisa sampai Rp6 ribu. Kol biasanya Rp12 sampai Rp15 ribu sekarang sudah Rp25 ribu. Kalau bawang justru turun dari harga sebelumnya," ungkapnya.

Selain itu, harga daging ayam potong juga mengalami kenaikan sejak beberapa minggu belakangan. Harga sebelumnya berkisar antara Rp26 hingga Rp28 ribu kini mencapai Rp32 ribu per kilogram. Diperkirakan harga tersebut bisa terus naik seiring berjalannya bulan Ramadhan.

"Kalau harga daging ayam sudah naik sejak hampir sebulan belakangan. Kemungkinan bisa naik lagi, tapi paling-paling tidak terlalu tinggi. Kalau stoknya sampai sekarang aman saja sih," ujar Adam, salah seorang pedagang ayam di pasar tersebut.(mta)