Jeruk Borneo Prima, Bisa Jadi Unggulan Berau

 

TANJUNG REDEB – Provinsi Kaltim termasuk Berau, telah mengantongi sejumlah produk buah-buahan unggulan, salah satunya Jeruk Borneo Prima. Jeruk ini pertama kali ditemukan tahun 2003 di Desa Tanjung Labu, Kecamatan Rantau Pulung, Kabupaten Kutai Timur.

Jeruk itu ditemukan oleh Tim Monitoring Program Pengembangan Agribisnis Jeruk Rantau Pulung yang digagas oleh Community Development (Comdev) PT Kaltim Prima Coal (KPC) berkerja sama dengan Balai Penelitian Buah (Balitbu) Solok, Sumatera Barat, dan Loka Penelitian Jeruk (Lolit Jeruk) Tlekung, Malang.

Tidak seperti jeruk keprok dataran rendah pada umumnya, Jeruk Borneo Prima ini cukup unik lantaran buahnya berwarna orange seperti jeruk keprok yang tumbuh di dataran tinggi. Lokasi ditemukannya Jeruk Borneo Prima ini berada pada ketinggian kurang lebih 50 meter dari permukaan laut.

Kini Jeruk Borneo Prima juga dapat dirasakan oleh masyarakat Berau. Pasalnya, Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan (Dispertan) Berau sejak beberapa tahun lalu telah melakukan penanaman jeruk ini di lahan seluas 293 hektar di kawasan Kampung Rantau Panjang Kecamatan Sambaliung dan Kampung Tubaan Kecamatan Tabalar.

Kepala Dispertan Berau, Ilyas Natsir mengatakan, untuk Berau sendiri telah memiliki indukan dari Jeruk Borneo Prima ini, dan sejak 5 tahun lalu telah dibudidayakan di dua kampung tersebut.

"Tahun ini kita panen lagi, sebenarnya untuk awal panen, di Kampung Tubaan dan Rantau Panjang dengan luas lahan mencapai 16 ribu ton untuk sekali panen besar," ujarnya kepada beraunews.com, Jum'at (23/9/2016).

 

Di Berau sendiri, dikatakan Ilyas, untuk satu hektar lahan bisa di tanami pohon Jeruk Borneo Prima mencapai 300 pohon dan satu pohon bisa menghasilkan buah antara 20 sampai 30 Kg per pohon. Sementara untuk penjualan, selama ini dijual ke arah Kalimantan Utara.

"Untuk penjualan kita lebih ke Kalimantan Utara dan untuk Berau sendiri juga ada dengan harga dari petani jelas berbeda-beda," lanjutnya.

Jeruk Borneo Prima ini sendiri memiliki rasa yang berbeda dengan jeruk lainnya, dengan kulitnya yang keprok (tebal), rasa yang dimiliki jeruk ini sangat manis dan memiliki ciri khas tersendiri. Ini yang membuat masyarakat banyak memburu Jeruk Borneo Prima ini.

"Dari segi rasa jelas berbeda, tingkat kemanisannya dan juga kulitnya lebih tebal, jadi dapat dengan mudah dibukanya," pungkasnya.(M.S. Zuhrie)