Lomba Desa, DPMK Dorong Kampung Lakukan Inovasi

 

TALISAYAN – Rabu (17/05/2017) Tim penilai lomba desa melakukan penilaian di sejumlah kampung di wilayah pesisir selatan Berau. Salah satunya yang disambangi tim penilai adalah Kampung Sumber Mulya Kecamatan Talisayan. Sekitar pukul 14.00 Wita, tim penilai yang terdiri dari sejumlah intansi itu tiba di kantor Kepala Kampung Sumber Mulya, dan langsung disambut Kepala Kampung, Samijo, dan aparat Kecamatan Talisayan.

Dalam acara tersebut, selain dihadiri pemerintah kecamatan, dan aparatur Kampung Sumber Mulya, aparatur kampung dari Kampung Eka Sapta, dan Kampung Purnasari Jaya juga menghadiri acara tersebut.

Dalam sambutannya, Samijo mengatakan, dalam mengikuti lomba desa, pihaknya tidak mengharapkan banyak. Bahkan diakuinya, keikutsertaannya dalam even tersebut juga tidak memiliki persiapan matang. Akan tetapi, dirinya mengaku, pihaknya telah melakukan upaya maksimal dalam mengikuti lomba.

“Jujur saja, saat kami ditunjuk mewakili kecamatan, kami merasa belum siap. Akan tetapi, karena itu amanah kami akan lakukan sebaik mungkin,” ungkapnya di hadapan tim penilai.

 

Ia juga menyampaikan, tidak berharap banyak akan hasil yang nantinya didapatkan dalam penilaian. Apakah akan menang, atau kalah. Namun lanjut dia, hal yang mendasar yang ia ambil adalah, dirinya dapat belajar dan mengevaluasi apa yang masih kurang di kampungnya.

“Kita tidak berharap menang, karena kita sadar kami juga masih banyak kekurangan. Kami sudah berusaha sebaik mungkin dalam kegiatan ini,” bebernya.

Sementara itu, Camat Talisayan David Pamudji menyampaikan, ditunjuknya Kampung Sumber Mulya bukan tanpa alasan. Penunjukan kampung tersebut menurutnya sudah sesuai, karena berdasarkan hasil penilaian dengan menggunakan instrumen beberapa waktu lalu, Kampung Sumber Mulya memenuhi persayaratan. Disamping itu kata dia, selain berdasarkan penilaian, Sumber Mulya juga dinilai perlu disejajarkan dengan kampung-kampung lain yang berada di wilayah Talisayan.

“Nilainya tidak jauh berbeda dengan kampung lain. Kenapa kita tunjuk karena kita ingin tidak ada setiap kampung mendapat kesempatan, dan lebih berkembang. Dan kami nilai, Sumber Mulya layak untuk mewakili Kecamatan Talisayan dalam lomba desa ini,” ujarnya saat menyampaikan kata sambutan.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pemerintah Kampung dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK), Sudirman, menyampaikan, kegiatan lomba desa ini dilaksanakan setiap setahun sekali secara rutin, dan harus dilaksanakan. Lebih lanjut disampaikannya, selain DPMPK, ada sejumlah instansi yang diikutsertakan dalam penilaian tersebut, seperti Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

 

“Kita juga membawa beberapa SKPD yang akan menilai dan menggali potensi yang ada di kampung. Tidak hanya mengenai lomba, tapi bagaimana kepala kampung itu dapat membuat inovasi untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Ia mengatakan, salah satu poin penting dalam penilaian tersebut adalah melakukan evaluasi terhadap segi palayanan yang dinilai masih kurang.

“Kita juga melihat fakta real di lapangan, serta melakukan evaluasi hal mana yang perlu diperbaiki agar ke depannya menjadi lebih baik lagi,” bebernya.(bnc)

Wartawan: Hendra Irawan/Editor: R. Amelia