PLTMH Sumber Mulya Akan Diperbaiki

 

TALISAYAN – Hingga saat ini keberadaan Pembangkit Listrik Tenaga Hidro Mikro (PLTMH) yang ada di Kampung Sumber Mulya Kecamatan Talisayan masih belum jelas, apakah akan dilakukan perbaikan atau hanya dibiarkan mengalami kerusakan. Padahal, mesin PLTMH tersebut sudah beberapa kali mengalami perbaikan.

Menanggapi hal itu, Kepala Kampung Sumber Mulya, Samidjo menyampaikan, keberadaan PLTMH di kampungnya memang belum dapat difungsikan, sehingga masyarakat harus menggunakan penerangan masing-masing. Meski begitu, dirinya mengakui, terkait keberadaan PLTMH tersebut tetap akan diupayakan agar perbaikannya dapat dilakukan. Bahkan saat ini, kata dia, pendamping dari Patriot Negeri yang bertugas di kampungnya juga akan bekerja sama untuk mencari solusi agar pembangkit tersebut dapat kembali beroperasi.

“Tetap akan kita upayakan perbaikannya. Karena, ini juga merupakan aset Kampung Sumber Mulya,” ungkapnya kepada beraunews.com, Senin (01/05/2017).

Hanya saja, perbaikannya memerlukan anggaran yang tidak sedikit. Sehingga lanjut dia, untuk perbaikannya tidak bisa dilakukan melalui Alokasi Dana Kampung (ADK). Sebab, dengan anggaran yang terbatas, akan sangat tidak memungkinkan memperbaiki PLTMH tersebut.

“Kalau ADK saya rasa tidak bisa. Sebab perbaikan PLTMH ini memerlukan dana yang besar. Kalau membebankan kepada anggaran ADK, maka pembangunan yang seharusnya berjalan akan mengalami kendala,” bebernya.

Terkait penerangan yang kerap dikeluhkan masyarakat yang ada di kampungnya, pihaknya juga telah mengusulkan pemasangan jaringan listrik PLN menuju kampung. Ketika PLTMH nantinya tidak bisa diperbaiki, masyarakat di kampungnya sudah terfasilitasi oleh listrik dari PLN.

“Iya, kemarin sudah masuk di usulan prioritas kita. Tapi tetap akan upayakan perbaikan PLTMH dulu, entah bagaimana caranya nanti,” jelasnya.

Sementara itu, Camat Talisayan David Pamudji mengungkapkan senada. Ia mengatakan,  bahwa keberadaan PLTMH masih terus diperjuangkan, salah satunya dengan melibatkan pendamping dari Patriot. Ia juga mengaku, terkait keberadaan bendungan sebagai penggerak dinamo dari PLTMH sendiri, perlu dimaksimalkan lagi. Sebab dengan kondisi sekarang, debit air yang dihasilkan untuk menggerakkan daya PLTMH tersebut dinilai masih belum maksimal. Namun, hal itu akan dilakukan pembenahan, agar dapat dipergunakan lagi.

“Tapi tetap akan kita upayakan, apakah nanti perbaikannya kita usulkan melalui Pemkab atau Pemprov Kaltim, agar PLTMH ini tidak sia-sia, dan dapat dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat Kampung Sumber Mulya,” tandasnya.(bnc)

Wartawan: Hendra Irawan/Editor: R. Amelia