Kebanggaan Bisa Mewakili Kecamatan Talisayan dalam Lomba Desa

 

TALISAYAN – Untuk pertama kalinya, Kampung Sumber Mulya di Kecamatan Talisayan ditunjuk menjadi wakil Kecamatan Talisayan dalam lomba desa yang akan diadakan dalam waktu dekat ini. Untuk mempersiapkan hal tersebut, pemerintah kampung setempat dan didampingi pemerintah kecamatan terus mempersiapakn hal-hal yang dinilai membutuhkan perbaikan.

Kepala Kampung Sumber Mulya, Samidjo menyampaikan, terpilihnya kampungnya mewakili Kecamatan Talisayan dalam lomba desa tingkat kabupaten merupakan suatu kebanggaan tersendiri. Sebab kata dia, Kampung Sumber Mulya belum pernah mendapatkan kesempatan mengikuti lomba desa.

“Kita menyambutnya sangat positif atas penunjukkan yang dilakukan pemerintah kecamatan. Bagi kami, ini merupakan salah satu bentuk penghargaan serta kepercayaan kepada Pemerintah Kampung Sumber Mulya,” ungkapnya kepada beraunews.com, Kamis (27/04/2017).

Untuk memantapkan persiapan, dirinya mengakui selalu menjalin komunikasi dengan pemerintah kecamatan selaku pendamping dan pembimbing. Dalam keikutsertaan Kampung Sumber Mulya dalam ajang lomba desa itu, pihaknya mengaku tidak ingin terlalu berambisi untuk meraih yang terbaik. Namun dirinya ingin menjadikan ajang lomba tersebut, sebagai dorongan semangat, dan motivasi agar kampungnya menjadi lebih baik ke depannya.

“Target juara kita tidak ada. Ini kita jadikan ajang mencari pengalaman, dan pembelajaran. Baik itu mengenai pengelolaan administrasi kampung, serta hal-hal lain yang berhubungan dengan pengembangan kampung, supaya Kampung Sumber Mulya dapat menjadi lebih baik lagi,”  ungkapnya.

Kendati demikian, pihaknya mengaku siap mewakili Kecamatan Talisayan dalam mengikuti lomba desa. Bahkan saat ini pihaknya, terus berusaha melengkapi berbagai hal yang dinilai masih kurang.

“Kita siap, dan kita akan berusaha membawa nama baik Kecamatan Talisayan,” bebernya.

 

Sementara Camat Talisayan, David Pamudji menyampaikan, penunjukan Kampung Sumber Mulya mewakili Kecamatan Talisayan dalam lomba desa telah sesuai dengan prosedur. Ia mengatakan, sebelum dipilih, semua kampung yang ada di Kecamatan Talisayan dinilai melalui instrument-instrumen, baik mengenai kelembagaan kampung, PKK, dan pengadministrasian dari DPMPK. Pada dasarnya, semua kampung memiliki nilai yang tidak jauh berbeda. Hanya, Kampung Sumber Mulya yang nilainya lebih tinggi dari kampung lain.

“Nilainya berbeda tipis. Nah, namun saat kita lihat, karena sudah banyak kampung lain yang pernah mewakili Kecamatan Talisayan dalam lomba desa, makanya kita pilih Sumber Mulya. Dan kita perhatikan, Sumber Mulya layak mewakili Kecamatan Talisayan, dengan catatan selalu dilakukan pembinaan,  dan perbaikan kalau ada yang kurang,” ungkapnya.

Dalam mengikuti lomba desa tersebut,  dirinya juga mengatakan tidak terlalu berharap banyak.  Namun disampaikannya,  tujuan utama dari kegiatan tersebut adalah sebagai sarana pembinaan kepada semua kampung yang ada di wilayahnya.

"Kalau menang itu urusan sekian lah. Karena, kami punya komitmen untuk membekali kampung, melalui sarana lomba kampung tadi.  Utamanya adalah pembinaan,  dan pendampingan semua kampung,  khususnya Sumber Mulya," tandasnya.(bnc)

Wartawan: Hendra Irawan/Editor: R. Amelia