Jaga Kamtibmas, Cegah Paham Radikal

 

TALISAYAN – Menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan tak semata mengandalkan pihak kepolisian saja. Seperti yang diungkapkan Kepala Kampung Eka Sapta, Kecamatan Talisayan , Syamsul Arifin kepada beraunews.com, Kamis (11/01/2018).

Dikatakannya, menjaga keamanan dan kerukunan kampung merupakan prioritas utama. Apalagi dengan maraknya paham radikal yang mulai menyebar kepelosok negeri, yang semakin lama kian mengkhawatirkan.

"Untuk mencegah hal ini, kita juga menjalin kerjasama dengan aparat keamanan dalam menjaga Kamtibmas. Baik dari kepolisian, maupun aparat TNI setempat," ungkapnya.

Disamping itu, pihaknya juga akan berupaya membangun kesadaran diri masyarakat dalam menjaga keamanan lingkungan. Salah satunya, dengan mengaktifkan kembali pos kamling yang ada di kampungnya.

"Memang pos kamlingnya belum merata ada di setiap RT. Tapi ke depannya, akan kita bangun dengan menyesuaikan anggaran yang ada," bebernya.

Pihaknya juga akan memaksimalkan peran Ketua RT untuk terus melakukan pemantauan di lingkungan masing-masing. Sebab menurutnya, selain paham dengan kondisi lingkungannya, fungsi Ketua RT juga harus memiliki data setiap warga yang tinggal di lingkungannya, baik yang telah lama menetap, atau warga pendatang.

Dirinya juga akan menginstruksikan kepada setiap Ketua RT, untuk selalu aktif dalam melakukan pengawasan. Bahkan, ia juga mengimbau, warga yang belum memiliki identitas diri untuk segera melengkapinya.

"Kita hanya menjaga hal yang tidak diinginkan. Kita tidak bisa terus bergantung kepada polisi saja, karena ini juga tanggung jawab kita. Tapi Alhamdulillah, sejauh ini Eka Sapta masih aman dan kondusif," pungkasnya.(advertorial/Hendra Irawan/bnc)