Calon Kepala Kampung Harus Bersaing Sehat

TALISAYAN- Pendaftaran calon kepala kampung kepada panitia Pemilihan Kepala Kampung (Pilkakam) Eka Sapta telah ditutup, dengan 6 peserta bakal calon kepala kampung yang akan bersaing di pilkakam mendatang.

Dalam kompetisi Pilkakam ini, jauh-jauh hari, Pjs Kepala Kampung Eka Sapta, Nuri Jauhari, meminta kepada masyarakat untuk tidak terlalu larut dan berambisi dalam memenangkan calonnya masing-masing. Apalagi sampai menggunakan cara-cara yang tidak pantas.

"Saya mengimbau kepada masyarakat, serta calon peserta pilkakam jangan terlalu berambisi, sehingga terjadi persaingan yang tidak sportif. Bersainglah secara wajar," ungkapnya kepada beraunews.com, Rabu (16/08/2017).

Ia mengatakan, persaingan secara sportif dapat mengajarkan kepada masyarakat bagaimana cara berdemokrasi lebih baik. Apalagi pemilihan kepala kampung juga merupakan pesta demokrasi yang amat dekat dengan masyarakat, karena memilih pemimpin kampungnya sendiri.

Dirinya juga menjelaskan, pihak kampung masih memfasilitasi, dan juga terus mendukung tugas Panitia. Sekarang, lanjut dia, kewajiban dan tanggung jawab tidak hanya tugas panitia dan pemerintah kampung saja. Bakal calon kepala kampung juga memiliki tanggung jawab, terutama dalam menjaga kerukunan dan ketertiban masyarakat.

Pada waktunya nanti, kata pria yang akrab disapa Nuri ini, calon kepala kampung dalam mengadakan sosialisasi kepada masyarakat pemilih, hendaknya mengedepankan kebersamaan dan sportivitas. Menyampaikan program visi misi dengan bahasa yang baik, serta tidak menciptakan isu liar yang mengundang kontroversi.

"Jangan menjatuhkan lawan dengan cara black campaign dalam menyampaikan visi misi. Para calon juga diharapkan saling menghormati," jelasnya.

Dalam pesta demokrasi nantinya, segala ketentuan dalam pemilihan kepala kampung mengacu pada Perda dan Perbup. Dirinya kembali berpesan, para calon kepala kampung nantinya dapat bersaing secara sehat, dan tetap mematuhi aturan yang telah ditetapkan.

"Mari saling bersinergi demi menghasilkan kepala kampung terbaik, agar pembangunan di Eka Sapta menjadi lebih berkembang," pungkasnya.(bnc)

Wartawan: Hendra Irawan/Editor: Rita Amelia