Tinggi Peminat, 6 Peserta Daftar Calon Kepala Kampung Eka Sapta

TALISAYAN- Pemilihan kepala kampung (Pilkakam) serentak masih menyisakan waktu kurang lebih 2 bulan lagi. Namun aura pesta demokrasi tersebut sudah mulai terasa. Seperti yang terjadi di Kampung Eka Sapta, Kecamatan Talisayan. Saat ini Pemerintah Kampung Eka Sapta dan panitia pemilihan Kepala Kampung Eka Sapta, sudah memasuki tahap verifikasi berkas peserta calon kepala kampung.

Pjs Kepala Kampung Eka Sapta, Nuri Jauhari, kepada beraunews.com mengatakan, saat ini pendaftaran calon kepala kampung sudah ditutup, dan kini dalam tahap pemberkasan.

“Pendaftaran sudah ditutup beberapa hari lalu oleh panitia pemilihan kepala kampung. Tim panitia juga telah melakukan rapat koordinasi terkait berkas calon kepala kampung,” ungkapnya, Senin (14/08/2017).

Ditambahkannya, pendaftaran pilkakam pada kali ini ternyata mendapat antusias tinggi dari masyarakat di kampungnya. Pasalnya, peserta yang mendaftarkan diri cukup banyak, bahkan melebihi prediksi.

“Kalau berkas pendaftaran yang masuk kepada panitia pilkakam ada sekitar 6 peserta calon," ujarnya.

Hanya saja, dari sejumlah peserta yang mendaftarkan diri tersebut, masih belum diketahui, apakah berkas semua peserta tersebut telah memenuhi kriteria atau tidak.

“Setelah penyaringan berkas yang dilakukan panitia nanti akan ketahuan. Apakah berkas semua peserta layak atau tidak. Jika ada yang tidak layak, maka peserta yang bersangkutan biasanya akan melengkapi lagi dengan tenggat waktu tertentu. Jika tetap tidak bisa dilengkapi, maka peserta itu dianggap mengundurkan diri,” jelasnya.

Ketika ditanya, apakah ada antisipasi khusus terkait penyalahgunaan ijazah palsu dalam pendaftaran calon kepala kampung? Ia menyampaikan, bahwa hal tersebut pasti dilakukan agar tidak ada peserta yang melakukan kecurangan dalam pemilihan mendatang.

“Itu sudah jelas kita lakukan. Bahkan, kita juga melakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan dan pemerintah kecamatan terkait hal itu. Akan tetapi, sejauh ini semua berkas yang masuk masih aman saja,” bebernya.

Dirinya berharap, pemberkasan yang dilakukan sejumlah peserta tersebut tidak menemui kendala. Sehingga pemilihan kepala kampung yang akan dilakukan pada Oktober mendatang berlangsung lebih meriah.

“Harapannya, keenam peserta itu dapat bersaing dalam pilkakam mendatang, namun tetap sportif,” tutupnya.(bnc)

Wartawan: Hendra Irawan/Editor: Rita Amelia