Hanya Tiga Peserta, Panitia Pilkakam Harus Bersikap Netral

 

TALISAYAN – Mempersiapkan Pemilihan Kepala Kampung (pilkakam) serentak di Kabupaten Berau, Oktober mendatang, seluruh panitia pilkakam di masing-masing kampung yang menggelar pilkakam terus berbenah, guna menyukseskan pesta demokrasi kampung tersebut.

Peran panitia pilkakam dalam melakukan tahapan pemilihan pun harus lebih maksimal. Salah satunya melaksanakan tupoksi penting panitia, yakni bersikap netral dan tidak berpihak pada calon kepala kampung. Hal itu disampaikan Ketua Panitia Pilkakam Kampung Dumaring Kecamatan Talisayan, Laurentius Alexander.
 
Dikatakannya, dalam pemilihan mendatang, dirinya telah menyampaikan kepada semua jajarannya selaku panitia pelaksana, agar tidak berpihak kepada calon kepala kampung manapun.
 
"Kita netral, dan kita bekerja sesuai dengan tupoksi panitia kepala kampung. Karena, kalau ada masalah yang terjadi, kami selaku panitia yang akan jadi sorotan," ungkapnya kepada beraunews.com, Rabu (13/09/2017).
 
BACA JUGA : Persiapan Pilkakam, Panitia Dumaring Terus Data Pemilih
 
Dijelaskannya, dalam pilkakam kali ini, Kampung Dumaring hanya diikuti 3 orang bakal calon kepala kampung. Menurutnya, hingga saat ini suhu persaingan pun masih belum begitu terasa, meskipun telah dilakukan penetapan.
 
Apalagi, dalam melakukan penyeleksian berkas, selain berpatok pada Perda dan Perbup, pihaknya juga selalu berkoordinasi dengan panitia kecamatan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Salah satunya guna mengantisipasi berkas-berkas palsu, seperti ijazah, yang belakangan terakhir kerap menjadi sorotan masyarakat.
 
"Berkas-berkas yang masuk tidak ada masalah. Untuk ijazah kita juga telah melakukan penelusuran ke instansi terkait," jelasnya.
 
Pria yang juga menjadi Ketua panitia pilkakam pada pemilihan periode lalu itu, juga mengatakan, dalam pemilihan kali ini, selain mengacu pada aturan Perda maupun Perbup, pihaknya juga belajar dari pengalaman. Salah satunya dalam mengantisipasi persaingan yang tidak sehat. Dirinya berharap, pesta demokrasi kali ini berlangsung aman dan tertib.
 
"Kalau ada omongan-omongan kecil itu biasalah. Tapi harapannya semua pihak dapat menjaga kamtibmas hingga selesai pemilihan kepala kampung mendatang," tandasnya.(*bnc)
 
Wartawan: Hendra Irawan/Editor: Rita Amelia