Beri Penampungan Layak, Pemerintah Programkan Profil Tank

 

TALISAYAN – Dalam memberikan sarana air bersih yang layak, Pemerintah Kampung Dumaring membuat program pengadaan profil tank, yang diberikan kepada seluruh masyarakat Kampung Dumaring. Hal itu dilakukan, mengingat sebagian besar masyarakat yang ada di kampung tersebut tidak memiliki penampungan air yang baik dan standar.

Kepala Kampung Dumaring Salehuddin menyampaikan, sebenarnya pengadaan profil tank tersebut telah dilakukan sebanyak dua kali. Sementara, profil tank yang ada sekarang merupakan penyaluran yang ke tiga kalinya.

Lebih lanjut disampaikannya, profil tank yang akan dibagikan kepada masyarakat saat ini berjumlah 127 unit. Akan tetapi, penyalurannya masih belum bisa dilakukan lantaran profil tank yang tersedia di kantor Kakam masih berjumlah sekitar 94 unit.

“Ini yang ketiga kalinya, jadi kita tunggu lengkap 127 unit, dan semua profil tertulis ADK Kampung Dumaring, baru akan segera disalurkan kepada masyarakat yang berada di Kampung Dumaring,” ungkapnya kepada beraunews.com, Senin (05/06/2017), saat ditemui di sela kegiatannya.

 

Ia mengatakan, dalam pembagian profil tank tersebut tidak berdasarkan kriteria atau tingkatan ekonomi masyarakat di kampungnya. Pembagian tersebut dilakukan secara merata. Apalagi lanjut dia, sebelum adanya program tersebut, cukup banyak masyarakat yang tidak memiliki penampungan air yang standar, sehingga untuk memberikan penampungan yang layak pihaknya mengadakan profil tank.

“Jadi pembagiannya kita lakukan merata, agar tidak ada kecemburuan sosial diantara masyarakat. Karena meskipun pembagian sudah tepat sasaran, ada saja pihak-pihak yang merasa tidak adil,” ungkapnya.

Dirinya juga meminta kepada masyarakat, yang mendapatkan fasilitas profil tank tersebut hendaknya digunakan dengan sebaik mungkin, dan dilakukan perawatan sebagaimana mestinya. Disamping itu, dirinya juga menegaskan, fasilitas tersebut tidak untuk diperjualbelikan kembali. Dirinya memastikan, jika ada warga yang ketahuan menjual profil tersebut, pihaknya akan mengambil sikap tegas.

“Kita juga sudah sampaikan kepada warga bersangkutan, bahwa profil itu tidak untuk dijual, dan jika ada warga yang berani, akan kita berikan sanksi administratif. Harapannya, fasilitas dimanfaatkan dengan baik sesuai dengan peruntukannya,” tandasnya.(bnc)

Wartawan: Hendra Irawan/Editor: R. Amelia