Lestarikan Kearifan Lokal dengan Perayaan Hari Jadi Kampung

 

TALISAYAN – Perayaan hari jadi ke-227 di Kampung Dumaring, Kecamatan Talisayan pada Minggu (24/04/2017) berlangsung meriah. Acara yang diselenggarakan di lapangan sepakbola Angga Pahlawan pada pukul 15.00 Wita, juga dirangkai dengan pembukaan turnamen sepakbola. Dalam acara tersebut hadir mewakili Camat Talisayan David Pamudji, sekretaris camat Edi Baskoro, Kepala Kampung Dumaring Salehuddin, tokoh adat, tokoh pemuda, serta dihadiri oleh ratusan warga yang ada di kampung tersebut.

Sebelum resmi dibuka, masyarakat disuguhi tarian daerah yang dibawakan oleh anak-anak Kampung Dumaring, dan sejumlah hiburan lainnya. Kepada beraunews.com, Kepala Kampung Dumaring menyampaikan, perayaan hari jadi tersebut dilakukan dua tahun sekali. Selain kegiatan adat, juga dilaksanakan berbagai lomba, seperti turnamen sepak bola.

Lebih lanjut disampaikannya, tujuan diperingatinya hari jadi tersebut adalah sebagai upaya untuk melestarikan kebudayaan yang ada di Kampung Dumaring. Sementara, berbagai even lomba yang digelar adalah sarana mempererat tali silaturahmi guna meningkatkan persatuan, dan kerukunan antar masyarakat yang ada di kampungnya.

"Selain melestarikan kearifan lokal yang ada, kita juga ingin masyarakat, khususnya warga Dumaring dapat hidup rukun dan saling menghargai setiap perbedaan yang ada," ungkapnya.

 

Dengan perayaan hari jadi tersebut, kampung dumaring telah berusia kurang lebih 227 tahun. Tentu saja sudah banyak perubahan, baik dari segi pembangunan, masyarakat, dan peningkatan kesejahteraan.

Selain dirangkai dengan berbagai lomba, pihaknya juga menggelar pasar malam, dengan melibatkan masyarakat Kampung Dumaring, serta para pedagang dari luar kampung untuk meramaikan perayaan hari jadi tersebut.

“Kegiatan ini rencananya akan diselenggarakan selama 19 hari. Kita berharap kegiatan ini dapat berjalan lancar dan kondusif hingga hari penutupan nanti,” bebernya.

Sementara itu, di tempat yang sama, sekretaris camat Talisayan, Edi Baskoro, juga tak lupa mengucapkan selamat hari jadi untuk Kampung Dumaring. Pihaknya berharap, dengan momen tersebut, masyarakat dapat terus menjaga budaya, dan tradisi yang ada.

Dalam momen tersebut, dirinya juga menyampaikan, jika masa jabatan kepala kampung saat ini hanya tinggal kurang lebih 2 bulan lamanya. Untuk mengisi kekosongan, pihaknya sudah menunjuk salah seorang penjabat sementara (PjS) dari kecamatan.

 

“Nantinya penjabat yang kita tunjuk, selain akan menjalankan tupoksi kepala kampung, juga mempersiapkan pemilihan kepala kampung berikutnya. Tentunya dengan bantuan dan dukungan dari masyarakat Dumaring agar program yang ada dapat berjalan,” tandasnya.

Pembukaan hari jadi Kampung Dumaring yang dirangkai dengan pembukaan turnamen sepak bola, ditandai dengan tendangan bola pertama oleh sekretaris camat, yang didampingi kepala kampung Dumaring.(bnc)

Wartawan: Hendra Irawan/Editor: R. Amelia