Program Tempat Sampah Jangan Dipandang Sepele

 

BIATAN – Pemerintah Kampung Biatan Ilir Kecamatan Biatan, tak henti-hentinya membuat program yang berdampak langsung dengan masyarakat. Salah satu program yang akan dilakukan, yakni pengadaan tempat sampah di semua lingkungan RT kampung tersebut. Hal itu disampaikan Kepala kampung Biatan Ilir, Abdul Hafid, kepada beraunews.com, Sabtu (04/02/2018).

Dikatakannya, pengadaan tempat sampah tersebut bertujuan agar masyarakat dikampungnya sadar diri betapa pentingnya menjaga Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Sehingga, ketika nantinya program tersebut terealisasi, pihaknya akan menekankan kepada masyarakat untuk selalu menjaga sampahnya agar tidak dibuang di sembarang tempat.

"Untuk menjadikan Biatan Ilir menjadi kampung yang baik dan maju, tentu pertama harus mampu mengontrol sampahnya. Jadi sekarang, masyarakat sudah kita biasakan untuk menjaga kebersihan. Karena, secara tidak langsung, dengan masyarakat tertib sampah, juga mendukung visi misi pemerintah kampung," terangnya.

Disamping itu, semua Ketua RT juga sudah diberikan instruksi untuk memperhatikan kebersihan di lingkungan rumah masing-masing. Tak hanya itu, jalan-jalan yang mulai ditumbuhi semak belukar juga tak luput dari perhatiannya, yakni dengan menggalakkan kegiatan gotong royong. Bahkan, ia kerap mengintruksikan Ketua RT melakukan gotong royong dadakan ketika ada badan jalan yang mulai ditutupi rumput.

 

"Meskipun terlihat sepele, tapi jika dibiarkan akan menjadi momok bagi kampung. Apalagi, jika jumlahnya sudah banyak. Tak hanya menimbulkan gangguan kesehatan, kinerja pemerintah kampung juga pasti akan dinilai karena tidak bisa mengelola sampahnya dengan baik," bebernya.

Pihaknya juga akan memanfaatkan truk yang diadakan untuk keperluan Badan Usaha Milik Kampung (BUMK) guna mengangkut sampah secara bergantian dengan keperluan utamanya, yakni mengangkut TBS dan CPO. Disamping itu, petugas sampah juga akan dibentuk dan di SK-kan oleh pemerintah Kampung Biatan Ilir.

"Untuk pembuangan akhir akan dilakukan satu tempat dengan Talisayan. Pungutan per rumah juga akan kita berlakukan. Tentunya akan dilengkapi dengan Perkam (Peraturan Kampung-red)," tandasnya.(advertorial/Hendra Irawan/bnc)