Biatan Ilir Program 1 Hektar Perkebunan Untuk Setiap RT

 

BIATAN – Pemerintah Kampung Biatan Ilir Kecamatan Biatan terus melakukan inovasi guna membuat berbagai program agar kampungnya menjadi lebih berbeda dari kampung lain. Untuk membuatnya menjadi lebih terlihat beda, Kepala Kampung Biatan Ilir Abdul Hafid mencanangkan setiap RT paling tidak menyediakan satu hektar lahan untuk dijadikan perkebunan.

Dikatakannya, untuk jenis perkebunan sendiri akan diperuntukkan bagi tanaman jangka panjang, seperti kebun durian, kelapa, mangga, dan buah-buahan lain. Program tersebut sangat memungkinkan untuk dilakukan, apalagi potensi untuk perkebunan di kampungnya juga sangat mendukung. Dengan luasan lahan di masing-masing RT juga masih cukup untuk merealisasikan program tersebut.

"Kalau lahan kita masih punya banyak. Nanti tinggal dimusyawarahkan saja, lahan tersebut ingin ditanami apa. Kalau ingin tanam durian jenis montong di setiap RT, tidak masalah," ujarnya kepada beraunews.com, Jumat (02/02/2018).

Menurutnya, dengan adanya perkebunan buah di setiap RT akan memberikan kelebihan tersendiri bagi masyarakat dan kampung. Sebab, saat musim buah, tentu akan membuat suasana kampung menjadi ramai. Selain itu, program satu hektar perkebunan buah untuk setiap RT akan memberikan keuntungan sendiri nantinya, baik untuk warga yang ada sekitar maupun kampung. Apalagi, saat ini sudah ada RT yang telah menjalankan program tersebut.

"Saya kira ini akan menjadi warna tersendiri bagi Kampung Biatan Ilir," ujarnya.

Program tersebut rencananya akan dilakukan pada tahun ini. Sementara untuk bibit, akan menggunakan bibit terbaik sehingga pertumbuhannya pun dapat maksimal.

"ini segera akan kita lakukan. Sementara untuk perawatannya sendiri akan kita bahas bersama masing-masing RT," pungkasnya.(advertorial/Hendra Irawan/bnc)