Tranparansi Anggaran, Cara Kakam Biatan Ilir Jaga Kepercayaan Warga

 

BIATAN – Mewujudkan pemerintahan bersih dan sehat, serta pelayanan yang maksimal kepada masyarakat, Pemerintah Kampung Biatan Ilir selalu menjaga sikap transparansi dan sinergi dengan seluruh aparat dan lembaga kampung, baik itu LPM maupun BPK. Seperti yang diungkapkan Kepala Kampung Biatan Ilir Abdul Hafid, bahwa transparansi merupakan kunci utama semua anggaran yang dikelola pemerintahnya terserap dengan maksimal dan tepat sasaran.

Ia mengatakan, salah satu prioritas utamanya dalam menjalankan pemerintahan, yakni dengan keterbukaan penggunaan anggaran, baik itu dari APBD maupun APBN. Sebab, pengelolaan anggaran meskipun dilakukan dengan baik, namun tidak ada transparansi, akan menimbulkan opini yang beragam di tengah masyarakat.

"Karena meskipun sudah benar, kadang ada saja yang bilang tidak benar. Jadi, dalam pemerintahan saya, semua penggunaan anggaran kita lakukan harus transparansi semaksimal mungkin," ujarnya kepada beraunews.com, Kamis (11/01/2018).

Tak hanya itu, pihaknya juga selalu melibatkan seluruh aparat dan masyarakat di kampungnya dalam mengambil keputusan atau pertanggungjawaban pengelolaan anggaran. Tak jarang banyak pemerintah kampung yang berseberangan dengan aparat kampung lain, bahkan lembaga kampungnya sendiri. Hal itu disebabkan, karena tak ada keterbukaan penggunaan anggaran. Sehingga, mempengaruhi jalannya roda pemerintahan yang ada di kampung.

"Hal ini yang kita jaga. Keterbukaan itu penting. Karena secara tidak langsung, transparansi yang kita lakukan dalam semua penggunaan anggaran, juga menjadi informasi penting bagi masyarakat agar tidak menjadi opini yang simpang siur," jelasnya.

Selama dirinya menjadi kepala kampung, semua kegiatan maupun program, baik yang bersumber dari pusat maupun daerah selalu disampaikannya kepada masyarakat. Hal itu kata dia, agar semua masyarakat mengetahui, dan juga secara tidak langsung, dirinya memberikan ruang bagi warganya untuk ikut mengawasi kegiatan yang dilakukan.

"Karena kepercayaan masyarakat merupakan modal utama bagi kami, dan itu telah menjadi visi misi saya menjabat sebagai kepala kampung," pungkasnya.(advertorial/Hendra Irawan/bnc)