Cegah Penyalahgunaan Narkoba, Ini Cara Kepala Kampung Biatan Ilir

 

BIATAN – Mengantisipasi peredaran narkoba di wilayah pesisir selatan Berau, khususnya di Kampung Biatan Ilir Kecamatan Biatan, pemerintah kampung memiliki cara sendiri. Kepala Kampung Biatan Ilir, Abdul Hafid kepada beraunews.com mengatakan, selain bekerjasama dengan aparat kepolisian dalam menggelar sosialisasi terkait bahayanya narkoba. Pihaknya juga melakukan pendekatan khusus terhadap pemuda yang ada di kampungnya.

"Mengapa harus pemuda? Karena, kebanyakan pelaku atau pengguna narkoba adalah pemuda," terangnya, Minggu (03/12/2017).

Lebih lanjut disampaikannya, tak hanya melakukan pendekatan secara langsung, dirinya juga melibatkan seluruh pemuda di kampungnya dalam berbagai kegiatan olahraga, seperti sepak bola, bulu tangkis, dan bola volli. Bahkan, karang taruna yang tadinya kurang aktif, kini diberdayakan. Dengan berjalannya organisasi kepemudaan di kampungnya, menurut dia, secara tidak langsung menjauhkan pemuda dari hal yang berdampak negatif.

"Bahkan kita juga melibatkan pemuda dalam berbagai kegiatan. Seperti hari jadi Kampung Biatan Ilir beberapa waktu lalu," bebernya.

Apa yang dilakukannya tersebut patut diapresiasi. Pasalnya, sejauh ini Biatan Ilir terbilang cukup kondusif. Tak hanya dari peredaran narkoba, aktivitas penjualan miras pun hampir dipastikan tidak ada. Sebab, dirinya telah memberikan peringatan keras kepada masyarakat untuk tidak mengkonsumsi miras, dan berjudi.

Ia juga mengaku, sejak dirinya menjadi kepala kampung, pihaknya langsung melakukan pendekatan dengan sejumlah pemuda-pemuda yang biasa minum miras, menggunakan narkoba, atau judi agar segera berhenti.

"Saya ajak baik-baik untuk berhenti. Alhamdulillah mereka mau berubah. Tapi kalau mereka masih melakukan, saya sendiri yang mengantarnya ke polisi," tegasnya.

Dirinya juga tetap mengimbau kepada masyarakatnya untuk selalu bersinergi dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Kampung Biatan Ilir.(advertorial/Hendra Irawan/bnc)