Membangun Masyarakat, Ini Program Unggulan Biatan Ilir

 

BIATAN – Pemerintah Kampung Biatan Ilir Kecamatan Biatan, dalam membangun kampungnya, tak hanya membangun fasilitas fisik, baik itu fasilitas umum maupun fasilitas pendukung lainnya. Akan tetapi, dari segi sosial masyarakat juga terus diberdayakan dan menjadi program tetap di sana.

Kepala Kampung Biatan Ilir, Abdul Hafid mengatakan, demi membangun kampung, tak harus selalu dengan bangunan fisik. Sehingga, ada sinergi antara pemerintah kampung dan masyarakat dalam meningkatkan pembangunan kampung.

Salah satu cara pihaknya membangun masyarakat, melalui gotong royong. Seperti halnya yang dilakukannya baru-baru ini. Gotong royong membersihkan tepi jalan dilakukan oleh puluhan masyarakat dari 3 RT. Baik dari sampah, semak belukar disekitar tepi jalan, hingga sejumlah pohon yang rawan tumbang ke tengah jalan.

 

"Ini adalah gotong royong gabungan, dan telah jadi program kami. Untuk masing-masing RT dilakukan paling lama sebulan sekali. Apalagi, ini penting untuk kebersihan kampung juga," bebernya.

Ia menambahkan, dengan membudayakan gotong royong, maka dampak positif telah dirasakan kampungnya. Sebab, pada tahun 2016 lalu, kampung yang ia pimpin, berhasil menjadi juara kedua dalam lomba gotong royong tingkat Kabupaten Berau. Tentunya, hHal ini tak terlepas dari kontribusi dan sinergitas antara masyarakat dengan pemerintah kampung.

"Yang jadi kelebihan kami saat itu, karena setiap kegiatan gotong royong warga yang hadir kita absen dan dilengkapi dokumentasi yang baik, itu juga berfungsi sebagai laporan masing-masing Ketua RT. Dan itu, tetap kita lakukan hingga sekarang," jelasnya.

 

Dengan kegiatan tersebut, Hafid ingin menyampaikan, bahwa gotong royong merupakan kebudayaan masyarakat Indonesia, khususnya warga Biatan Ilir. Karena, selain membersihkan lingkungan, kegiatan itu juga berfungsi meningkatkan silaturahmi antar sesama masyarakat Biatan Ilir.

"Itu dilakukan secara tidak langsung dalam gotong royong. Kita juga memiliki harapan, dengan kegiatan ini dapat meningkatkan kerukunan antar warga kami. Untuk itu, gotong royong menjadi salah satu program andalan kami dalam membangun masyarakat," pungkasnya.(Hendra Irawan/bnc)