Biatan Ilir Kembangkan Inovasi Kependudukan Berbasis Tiga Dimensi

 

BIATAN – Pemerintah Kampung Biatan Ilir Kecamatan Biatan, terus melakukan berbagai inovasi guna menggenjot pembangunan di kampungnya. Salah satunya, dengan mengembangkan pemetaan kependudukan berbasis tiga dimensi. Hal tersebut disampaikan Kepala Kampung Biatan Ilir, Abdul Hafid kepada beaunews.com, Rabu (01/11/2017).

Dikatakannya, gagasan tersebut dilakukan untuk mempermudah pendataan di kampungnya. Melalui pemetaan kependudukan, semua data warga akan terangkum secara otomatis ke sistem digital.

"Untuk sementara ini masih kami garap dengan LSM pendamping kami. Kami. juga melibatkan seluruh aparatur pemerintah kampung, serta masing-masing Ketua RT," ujarnya.

Untuk kemajuan kampungnya, pihaknya akan terus berupaya melakukan berbagai inovasi. Apalagi, dari sekian kampung yang ada di Kabupaten Berau, belum banyak yang mengembangkan gagasan tersebut. Dirinya pun mengaku sangat optimis rencananya dapat berhasil. Apalagi hal itu juga sempat disampaikannya ke Bupati Berau, Muharram saat membuka hari jadi Kampung Biatan Ilir beberapa waktu lalu.

"Ini terobosan baru, dan saya yakin di Pesisir Berau belum ada. Apalagi, ini juga memudahkan kita dalam melihat data penduduk Biatan Ilir. Disamping itu, kita juga akan melakukan update secara berkala, paling lambat 3 bulan sekali data akan diperbaharui. Makanya, setiap Ketua RT kita maksimalkan kinerjanya," ujarnya.

 

Pihaknya menargetkan, tahun depan rencana tersebut dapat selesai. Untuk itu, ia berharap, proses pemetaan kependudukan yang kini tengah digarap dapat terealisasi sesuai dengan harapan. Disamping itu, ia juga meminta kepada masyarakat untuk mendukung semua program yang dibuat pihaknya.

"Sebelumnya, kita juga telah membuat inovasi dengan memasang lampu penerangan di sekitar jalan umum di Biatan Ilir. Kami ingin inovasi pemetaan kependudukan berbasis tiga dimensi ini juga dapat selesai sesuai harapan," tandasnya.(Hendra Irawan/bnc)