Perayaan Hari Jadi Biatan Ilir Ke-90 Berlangsung Meriah

 

BIATAN – Perayaan hari jadi Kampung Biatan Ilir yang ke-90 berlangsung meriah. Kegiatan yang diselenggarakan pada Jumat (13/10/2017), sekitar pukul 15.00 Wita di lapangan sepak bola tersebut, sukses menyedot perhatian masyarakat, baik yang berada di Kampung Biatan Ilir maupun masyarakat dari kampung tetangga.

Selain dihadiri oleh kepala kampung beserta jajarannya, perayaan tersebut juga dihadiri oleh orang nomor satu di Kabupaten Berau, yakni Bupati Berau Muharram, beserta sejumlah kepala SKPD. Disamping itu, hadir juga sejumlah unsur muspika kecamatan, serta ratusan masyarakat yang ingin menyaksikan jalannya acara.
 
Sebelum acara dibuka, penonton dan undangan disuguhi sejumlah pertunjukan, mulai dari atraksi pencak silat serta penampilan tari tradisional yang dibawakan sejumlah anak-anak pelajar.
 
Kepala Kampung Biatan Ilir Abdul Hafid dalam sambutannya menyampaikan, ucapan terimakasih kepada Bupati Berau, yang telah meluangkan waktunya untuk hadir dalam perayaan hari jadi kampungnya yang ke-90.
 
“Terimakasih pak Bupati, karena telah hadir memenuhi undangan dari masyarakat kami,” ungkapnya.
 
Hafid menambahkan, perayaan hari jadi kampungnya tersebut, merupakan yang kedua kalinya diselenggarakan semenjak dirinya menjabat sebagai kepala kampung. Menurutnya, perayaan hari jadi, tak hanya merupakan agenda seremonial belaka, melainkan untuk menginformasikan kepada masyarakat terkait progress peningkatan pembangunan kampung.
 
“Melalui berbagai lomba yang kita gelar, juga bertujuan untuk menjalin silaturahmi, baik antara masyarakat Kampung Biatan Ilir, maupun dengan masyarakat dari berbagai kampung yang mengikuti lomba ini,” bebernya.
 
Disamping itu, dirinya membeberkan sejumlah program yang kini sedang digodok pihaknya dalam meningkatkan pembangunan serta ekonomi masyarakat di kampungnya, diantaranya, pembentukan Badan Usaha Milik Kampung (BUMK), dimana segala bentuk potensi alam asset kampung yang bersifat ekonomis akan dikelola oleh BUMK. Tak hanya itu, pihaknya juga telah membentuk hutan desa yang dimana dikelola oleh Lembaga Pengelola Hutan Desa (LPHD).
 
“Kami juga membuat terobosan, yakni pemetaan data penduduk Kampung Biatan Ilir berbasis tiga dimensi. Dan saat ini tengah kami garap bersama LSM pendamping kami,” ungkapnya.

 

Sementara itu, ditempat yang sama, Bupati Berau, Muharam mengapresiasi sejumlah program yang telah dibuat pemerintah kampung saat ini. Menurutnya, pemerintah kampung sudah cukup kreatif dalam melambungkan nama Biatan Ilir. Ia berpesan, di momen hari jadi kampung tersebut hendaknya menjadi ajang evaluasi pembangunan kampung pada tahun-tahun sebelumnya. Sehingga, dimasa mendatang, pembangunan kampung dapat lebih terarah.
 
“Jadi setiap ulang tahun kampung, harus ada pembenahan diri. Jadikan momentum ulang tahun itu jadi start awal untuk menjadi lebih baik lagi. Karena saya ingin, kampung ini (Biatan Ilir-red) dapat bersaing dengan kampung lain,” bebernya.

 

Diakhir pidatonya, Muharram secara simbolis membuka acara, ditandai dengan penendangan bola pertama yang disambut riuh tepuk tangan oleh para undangan dan masyarakat. Perayaan hari jadi pun resmi dibuka dengan pertandingan sepak bola.(Hendra Irawan/bnc)