Percetakan Sawah Bertambah, Target Jadi Lumbung Padi

 

BIATAN- Pemerintah Kampung Biatan Ilir, Kecamatan Biatan, terus memaksimalkan potensi pertanian, khususnya padi sawah. Bahkan, dalam waktu dekat di kampung tersebut akan dibuka percetakan sawah dengan luas lebih dari 100 hektar, yang akan dilakukan aparat TNI AD.

Kepala Kampung Biatan Ilir, Abdul Hafid, saat dihubungi beraunews.com menyampaikan, saat ini untuk percetakan sawah yang telah digarap masyarakat sekitar 280 hektar lebih. Sementara, untuk percetakan sawah yang akan dikerjakan dalam waktu dekat berkisar 136 hektar yang bersumber dari bantuan APBN.

“Ini bantuan dari pusat, namun prosesnya dilakukan pihak dari aparat TNI. Tapi tetap harus bersinergi baik dengan kampung, Dinas Pertanian maupun TNI,” ungkapnya.

 

Ia mengatakan, jika tak ada kendala di lapangan, percetakan sawah tersebut akan selesai pada tahun ini. Disamping itu, jika percetakan sawah selesai dilakukan, pihaknya memberikan 136 hektar lahan tersebut kepada masyarakatnya, untuk dikembangkan dan dikelola sebagaimana peruntukannya.

Namun, kata dia, sebelum memberikan lahan tersebut kepada masyarakat, pihaknya lebih dulu membuatkan surat pernyataan kepada masyarakat. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. Dijelaskannya, ada beberapa poin penting yang ditekankan dalam surat pernyataan tersebut, diantaranya, lokasi yang ada adalah benar-benar lahan persawahan, masyarakat sanggup memanfaatkan sesuai dengan peruntukannya, lokasi percetakan sawah harus dekat dengan air, dan tidak mengalihfungsikan lahan sawah tersebut ke perkebunan sawit.

Pasalnya beberapa tahun lalu, ada lahan persawahan yang ditelantarkan, dan dialihfungsikan menjadi perkebunan kelapa sawit, disebabkan tidak adanya air.

 

“Karena nantinya lahan ini akan diberikan kepada masyarakat. Tetapi, jika tidak digunakan atau dimanfaatkan selama 3 tahun berturut-turut, lahan yang telah kita berikan akan kita tarik kembali. Itu sudah jadi perjanjian, dan surat pernyataan itu juga telah sesuai dengan SK Bupati,” bebernya.

Ia menyampaikan, dengan bertambahnya luasan percetakan sawah di kampungnya, target swasembada beras di kampungnya dapat terwujud. Sebab kata dia, dirinya ingin Kampung Biatan Ilir menjadi penghasil beras di wilayah Kabupaten Berau.

“Target Biatan Ilir ingin menjadi lumbung padi di Berau. Apalagi potensi pertanian di sini juga mendukung, dan secara tidak langsung perekonomian masyarakat juga akan lebih baik,” jelasnya. (bnc)

Wartawan: Hendra Irawan/Editor: R. Amelia