Lirik Potensi Pertanian Jagung, Merancang Ilir Berguru Ke Sidoarjo

GUNUNG TABUR – Meskipun sudah memiliki potensi besar yang tergarap dengan baik, Pemerintahan Kampung Merancang Ilir ternyata belum puas. Sudah menjadi salah satu lumbung padi dan penghasil lada terbesar di Kabupaten Berau, Merancang Ilir melirik potensi lain yang bisa dikembangkan dikampungnya. Jagung, menjadi salah satu komoditi yang kini diupayakan dapat dikembangkan di kampung yang berada di Kecamatan Gunung Tabur ini.

Kepala Kampung Merancang Ilir, M. Rizal menyebutkan, pihaknya akan terus berupaya mendorong sektor pertanian yang bisa dikembangkan warganya.

“Apa saja yang bisa, tidak berhenti pada produksi padi dan lada, sebab kami memiliki potensi lahan dan warga yang memang siap untuk bekerja keras mengembangkan komoditi potensial,” ujarnya.

Untuk mencari tahu seberapa besar potensi dari jagung, dirinya sempat mendatangi pabrik pengolahan pakan ternak besar di Sidoarjo, Jawa Timur. Melihat langsung proses pembuatan pakan ternak yang salah satu bahan bakunya adalah jagung.

Kunjungan itu sekaligus penjajakan dan melihat bagaimana potensi pasaran jagung yang hendak dikembangkan di Merancang Ilir. Sebab, diketahui saat ini sudah ada kampung lain, bahkan disebut sebagai kampung jagung di Kabupaten Berau, yakni Kampung Eka Sapta.

Namun dari hasil serapannya, masih ada kendala yang yang menjadi keluhan warga, yakni pemasaran hasil panen jagung milik warga atau kelompok tani pengembang. Belajar dari masalah ini, pihaknya berusaha menggali berbagai informasi yang menyangkut potensi pasaran jagung, baik lokal hingga luar daerah. Dari hasil kunjungan tersebut, ada potensi besar yang bisa didapat dari mengembangkan budidaya jagung.

“Apalagi Bupati sudah mengupayakan juga untuk mencari investor yang siap membeli hasil panen jagung warga, seperti di Kampung Eka Sapta dan kampung lainnya. Kami juga berusaha mengembangkan jagung di Merancang Ilir, tetapi benar-benar memastikan lebih dulu kemana kita lempar hasil panennya nanti, minimal ada alternatif lainnya, jadi tidak mengharap pada satu pembeli saja,” jelasnya.

Dengan luas lahan yang ada di Merancang Ilir saat ini, dirinya yakin jagung juga bisa berkembang dengan baik. Apalagi, warganya memang merupakan petani-petani yang sudah terbukti mampu mengembangkan berbagai komoditi potensial seperti padi, lada sayur mayur dan lainnya.(msz)