Hebat.. Ada Karnaval Di Kampung Tembudan

BATU PUTIH – Untuk pertama kalinya, Sabtu (20/8/2016) Pemerintah Kampung Tembudan, Kecamatan Batu Putih menggelar karnaval. Kegiatan yang dilakukan sekitar pukul 13.20 Wita tersebut berlangsung meriah dan diikuti ribuan warga dari Kecamatan Batu Putih dan Kecamatan Talisayan. Meskipun cuaca cukup terik, namun tak mengurangi antusias masyarakat untuk ikut berpartisipasi.

Dibuka Camat Batu Putih, Saharuddin, ribuan peserta mulai mengular berjalan dari Jalan Diponegoro RT 1 menuju lapangan sepakbola yang berada di RT 4 Kampung Tembudan.

Dalam acara itu, peserta tidak hanya menampilkan kesenian dan budaya. Kegiatan itu juga menampilkan berbagai kreativitas yang ditunjukkan pelajar dan masyarakat. Karnaval semakin meriah, dengan kemunculan tank panser yang merupakan Alat Utama Sistem Pertahanan (Alutsista) milik TNI AD maupun helikopter milik Basarnas.

Tidak itu saja, demi menjaga keamanan dan ketertiban selama karnaval, Pemerintah Kampung Tembudan juga bekerjasama dengan Puskesmas Batu Putih dan aparat keamanan dari Polsek Talisayan maupun Polsek Biduk-Biduk.

Saharuddin kepada beraunews.com mengatakan, kegiatan ini merupkan kegiatan yang sangat meriah untuk kegiatan sekelas kampung. Setidaknya, karnaval tersebut diikuti lebih dari seribu peserta dari Kecamatan Batu Putih dan Kecamatan Talisayan.

"Sangat meriah. Ini juga merupakan kegiatan pertama kali dilakukan di Kampung Tembudan, dan sukses dilakukan oleh pihak panitia khususnya kepala kampung. Ya kita harap ini bisa kembali digelar di tahun mendatang," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Kampung Tembudan, Nur Iman mengaku, tidak menyangka karnaval yang digelar pemerintahnya dalam rangka menyemarakkan HUT RI Ke-71, sekaligus menyambut hari jadi Kampung Tembudan, banjir peserta. Pasalnya, pihaknya tidak memiliki dana lebih ataupun sponsor dalam menggelar karnaval.

"Kita berterimakasih kepada masyarakat Tembudan dan seluruh peserta karnaval karena telah berpartisipasi dalam kegiatan ini. Ini sangat meriah dan di luar perkiraan kami," terangnya.

Ia berharap, karnaval tersebut dapat kembali berlanjut di tahun berikutnya, khususnya di setiap perayaan HUT RI dan hari jadi Tembudan.

"Melihat kegiatan ini begitu meriah dan sukses, kita tentu berharap ini dapat dilaksanakan rutin setiap tahun," harapnya.

Kegiatan diakhiri oleh pengundian kupon berhadiah yang sebelumnya telah diserahkan ke peserta karnaval. Dalam menyemarakkan HUT RI dan hari jadi tersebut pemerintah Kampung Tembudan juga menggelar berbagai lomba.(hir)