Kampung Eka Sapta Juga Rayakan Upacara Hut RI Ke-71

TALISAYAN – Seolah tak ingin ketinggalan suasana euporia menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-71. Pemerintah Kampung Eka Sapta, menggelar upacara di lapangan terbuka yang berada di RT 01 Kampung Eka Sapta Kecamatan Talisayan.

Upacara yang dhadiri oleh seluruh lapisan masyarakat, seperti LPM, BPK, Karang Taruna, Mahasiswa, dan masyarakat berbaur jadi satu. Disamping itu, hadir pula ratusan pelajar mulai dari SD, SMP, hingga SMA yang ada di kampung tersebut. Upacara yang dilakukan sekitar pukul 08.30 Wita tersebut juga berlangsung Khidmat.

Meskipun saat itu cuaca cukup panas, ternyata tak membuat warga yang ikut upacara patah arang untuk mengikutinya hingga akhir. Namun, ada saja sejumlah peserta upacara yang bertingkah unik dan nyeleneh. Seperti ada warga yang menggunakan payung saat kegiatan upacara, seraya berbisik kepanasan. Ada juga sejumlah ibu-ibu rumah tangga yang terlihat duduk jongkok sembari berbincang-bincang.

Sementara itu, Kepala Kampung Eka Sapta, Imam Supriadi selaku inspektur upacara, dalam isi pidatonya tak lupa mengucapkan terimakasih kepada para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan. Disamping itu, ia juga meminta kepada seluruh elemen masyarakat yang ada di Eka Sapta untuk selalu menjaga kerukunan, dan persatuan antar sesama masyarakat. Hal itu ditekankannya agar suasana kamtibmas di Eka Sapta dapat lebih terjaga, serta sebagai wujud partisipasi masyarakat dalam menjaga kemerdekaan.

“Memaknai 71 tahun kita merdeka hendaknya kita lebih menjaga keutuhan dan persatuan di tengah masyarakat,” ungkapnya, Rabu (17/8/2016).

Disamping itu, ia juga menyampaikan dimasa jabatan yang tidak lama lagi, Imam juga meminta peran dan kerja sama masyarakat untuk bersama-sama memajukan kampung Eka Sapta.

“Jabatan saya hanya sampai tahun 2017 nanti, marilah sama-sama saling mendukung dalam membangun Kampung Eka Sapta menjadi jadi lebih baik dari sekarang,” bebernya.

Upacara yang berlangsung sekitar 40 menit tersebut berlangsung tertib, bahkan pengibaran bendera merah putih yang dilakukan oleh Otavianus, Wahyudi, dan Wahyuni yang merupakan siswa SMA 11 Berau juga berlangsung sukses.(hir)