Pemkab Berau Perjuangkan Pemenuhan Air Bersih di Kampung

TANJUNG REDEB – Masih banyaknya kekurangan pembangunan di wilayah kampung menjadi perhatin serius pemerintah daerah. Seperti Wakil Bupati (Wabup) Berau, Agus Tantomo yang melihat masih ada kebutuhan dasar air bersih kampung yang belum terpenuhi. Sementara ada keterbatasan anggaran daerah untuk serentak menyelesaikan semua permintaan.

Mengatasi keadaan itu, Wabup berinisiatif menarik anggaran dari pusat untuk memenuhi kebutuhan air bersih. Kepala kampung Gurimbang, Madri Pani mengungkapkan perhatian Wabup terhadap kampung.

Madri mengungkapkan, dirinya mendapatkan informasi langsung dari Wabup, terkait usulan sebesar Rp50 Milyar yang diajukan ke APBN dari Kabupaten Berau.

“Usulan sarana prasarana air bersih dari APBN untuk melayani Kampung Gurimbang dan kampung sekitarnya,” ungkapnya, Kamis (2/6/2016) kepada beraunews.com.

Usulan anggaran tersebut ditujukan untuk membangun faslitas intake Sistem Penyediaan Air Bersih (SPAM) di Gurimbang. Akan tetapi penerima manfaat dari fasilitas ini jika nantinya disetujui pusat dan terealisasi, tidak hanya untuk Gurimbang semata, fasilitas itu juga untuk melayani air bersih beberapa kampung lainnya.

“Jadi apabila ini nanti sudah jadi, maka fasilitas air bersih ini bisa untuk melayani kampung lain yakni Tanjung Perengat, Sungai Bebanir dan Sukan Tengah,” jelas Madri. Meskipun belum terealisasi, namun Madri mengapresiasi langkah Wabup tersebut.

Sebab, memang air bersih menjadi dambaan warga kampungnya juga warga ketiga kampung lainnya. Dengan ketiadaan fasilitas penyedia air bersih, warga biasanya hanya mengandalkan air sungai dan sumur. Madri berharap, apa yang menjadi kebutuhan dan tengah diperjuangkan Pemkab Berau ini nantinya bisa terealisasi.(ana)