Kepala Kampung Gurimbang Berencana Laporkan Distamben Ke Bupati

TANJUNG REDEB – Meski rutin membayar Pajak Penerangan Jalan (PPJ) setiap bulan sejak tahun 2012, namun hingga saat ini warga Kampung Gurinbang, Kecamatan Sambaliung tak kunjung menikmati hasil “tabungan” mereka berupa hak penerangan jalan.

Kepala Kampung Gurimbang, Madri Pani saat ditemui beraunews.com mengatakan, dirinya sempat mendengar rencana Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Berau akan melakukan pendataan jumlah lampu PJU yang dibutuhkan dan mengupayakan penyediaan lampu PJU di Kampung Gurimbang dapat direalisasikan melalui APBD perubahan tahun 2016. Namun, hingga kini rencana tersebut tak pernah terealisasikan, sementara saat ini informasinya sedang digodok APBD Perubahan tersebut.

"Kembali saya tegaskan, kami sudah ajukan proposal pemasangan lampu PJU sudah dua kali. Rencana peninjauan yang dijanjikan sebelum lebaran itu (20 Juni 2016-red) juga mana, tidak ada realisasi sampai sekarang. Kalau ada kegiatan pasti ada koordinasi sama kami," ungkapnya dengan nada kesal pada beraunews.com, Rabu (3/8/2016).

Madri juga berencana melaporkan Distamben kepada Bupati Berau, Muharram jika tahun ini PJU di Gurimbang tak kunjung dipasang. Pasalnya, kebutuhan PJU diwilayahnya sudah sangat mendesak. Lantaran akses Jalan Gurimbang saat ini menjadi jalan utama bagi beberapa kampung lain saat akan menuju Kota Tanjung Redeb tentu rawan gangguan keamanan ketika malam hari, akibat jalan yang gelap gulita.

"Distamben jangan pencitraan aja, katanya mau turun mendata, tapi mana sampai saat ini timnya itu tidak ada mendata, saya akan bawa ini ke Bupati kalau begini terus. Padahal ini demi kepentingan masyarakat umum. Coba jangan dipermainkan," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, meski telah meraih predikat sebagai kampung terbaik tingkat nasional, namun Kampung Gurimbang hingga kini masih belum memiliki lampu PJU. Bahkan, pihak Kampung Gurimbang telah berulang kali melakukan pengajuan penyediaan lampu PJU itu melalui Distamben Berau, namun sampai saat ini upaya tersebut belum membuahkan hasil.

Keluhan Kampung Gurimbang itu pun ditanggapi Kepala Distamben Berau, Mappasikra Mappaseleng. Dikatakannya, pihaknya telah mengetahui keluhan warga tersebut dan pihaknya berjanji akan segera melakukan peninjauan ke Kampung Gurimbang.

“Iya, saya sudah dengar soal keluhan warga Gurimbang terkait lampu PJU. Secepatnya saya akan turun ke lokasi untuk meninjau itu, disanakan belum ada tiang lampunya, jadi kita harus cek dan hitung berapa titik yang akan dipasang PJU,” ujarnya kepada beraunews.com, Senin (20/6/2016).(msz)