Berita Pesayan Belum Cairkan ADK Dibantah Rahmansyah

TANJUNG REDEB – Menanggapi salah satu pemberitaan media cetak yang menyebutkan “Kampung Pesayan Belum Dicairkan ADK 2016”, Kepala Kampung Pesayan periode 2010-2016, Rahmansyah ikut angkat bicara dan menganggap apa yang disampaikan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Kampung (BPMPK) Berau, Datu Kesuma melalui staf Bidang Pemerintahan Kampung/Kelurahan, Syarifuddin Noor, merupakan pernyataan yang menyesatkan. Dirinya menyayangkan kabar tersebut, apalagi jika sampai ada yang menilai pemerintahan kampung tidak bekerja.

Dikatakan Rahman, secara umum Anggaran Dana Kampung (ADK) Kabupaten Berau Tahap I tahun 2016, telah selesai dicairkan oleh seluruh kepala kampung termasuk Kampung Pesayan, Kecamatan Sambaliung.

“Menyikapi berita yang ada di media itu, mengenai ADK Kampung Pesayan belum cair sampai saat ini, saya anggap keliru dan menyesatkan,” tegas pria yang habis masa jabatan sejak 17 Juni 2016 itu kepada beraunews.com, Selasa (2/8/2016).

Ia menjelaskan, ADK Kampung Pesayan telah cair sejak dirinya belum mengakhiri masa jabatan. Saat ini, juga tidak terjadi kekosongan jabatan di Kampung Pesayan, sebab pelaksana harian (Plh) sementara bertugas. Wujudnya, Plh Kepala Kampung, Miftahul Munir saat ini tengah melaksanakan proses pencairan tahap II sembari menunggu pencairan Anggaran Dana Desa (ADD) yang bersumber dari APBN tahun 2016.

“Sebenarnya, ADK Kampung Pesayan itu sudah cair di bulan Juni sebelum hari Raya Idul Fitri,” ujarnya.

Apa yang disampaikan Rahman ini, juga diamini Camat Sambaliung, Kesuma Sirajuddin saat dihubungi beraunews.com melalui telepon seluler. Ia menjelaskan ADK tahap I seluruh kampung seluruhnya telah cair. Untuk Kampung Pesayan sendiri, ADK tahap I yang dicairkan kurang lebih Rp300 juta.

“Tahap pertama sudah cair, itu untuk tunjangan kepala kampung dan aparaturnya seperti BPK, RT serta dana operasional kegiatan-kegiatan dalam rangka pengembangan di kampung. Itu sekitar Rp300 juta sekian,” jelasnya.

Ditambahkan Sirajuddin, Surat Pertanggungjawaban atas laporan penggunaan ADK ini pun telah selesai. Bahkan, telah selesai diperiksa inspektorat dan tidak ada masalah.

“Hanya ada sedikit perbaikin karena ada kesalahan administrasi, tapi sudah dibaiki,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala BPMPK Berau, Datu Kesuma mengungkapkan, pencairan ADK tahap I untuk seluruh kampung telah selesai dan dilaporkan. Namun, ia mengarahkan beraunews.com agar lebih mengetahui secara detail terkait pencairan ADK tersebut pada Bidang Pemerintahan Kampung/Kelurahan BPMPK melalui Sudirman selaku Kepala Bidang.

“Salah kalau ambil komentar dari staf, seharusnya yang berkomentar itu Kepala BPMPK melalui Kabid atau Kasi,” pungkasnya.(sai)