Inginkan Desa Semakin Maju melalui P-Apdesi

TANJUNG REDEB – Terpilihnya Kepala Kampung Gurimbang, Madri Pani sebagai Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (P-Apdesi) Kabupaten Berau periode 2016-2021 menjadi awal baru menata seluruh kampung ke arah yang jauh lebih baik. Madri Pani kembali memikul amanah bukan hanya menjadi kepala kampung, namun juga menjadi perwakilan 100 kampung dalam memajukan pembangunan dari pinggiran.

Ditemui di Hotel Grand Parama kawasan Jalan Pemuda, Tanjung Redeb, Madri  mengatakan, dengan terpilihnya sebagai Ketua DPC P-Apdesi, dirinya sudah menyiapkan 3 program prioritas yang akan dilaksanakan selama 5 tahun ke depan.

"Alhamdulillah P-Apdesi Berau resmi dilantik oleh Bupati, saya sebagai Ketua P-Apdesi terpilih sudah mempersiapkan beberapa program prioritas untuk seluruh kampung se-Kabupaten Berau, seperti sistem pamanfaatan dana dari pemerintah, peningkatan SDM kepala kampung hingga peningkatan pembangunan kampung," jelasnya kepada beraunews.com, Selasa (2/8/2016).

Selain itu, dengan adanya P-Apdesi, Madri akan mengupayakan tersampaikanya keluhan dan keinginan masyarakat desa baik ke Pemkab Berau hingga Pemerintah pusat. Madri mengaku, selama ini tak dipungkiri jika beberapa keinginan dan keluhan masyarakat yang disampaikan ke pemerintah kerap tak terealisasi maksimal. Melalui P-Apdesi, diharapkan apa yang selama ini menjadi ganjalan bisa lebih cepat sampai ke pusat, namun tidak mengabaikan Pemkab.

Madri juga menginginkan semua kepala kampung agar semakin paham dalam melaksanakan mekanisme tata cara pengelolaan dana kampung serta mekanisme pemeriksan di penegak hukum dan inspektorat, sehingga berimbang dan bebas dari penyalahgunaan.

"Banyak kepala kampung yang terjerat kasus hukum, akibat tidak memahami mekanisme pengelolaan dana kampung yang saat ini cukup besar. Melalui P-Apdesi, kita akan fasilitasi aparatur kampung agar semakin paham dalam pengelolaan dana desa sehingga tidak menjadi temuan," tambahnya.

Tak sampai disitu, dengan adanya P-Apdesi di Kabupaten berau, Madri akan meningkatkan sinergitas antara aparatur kampung dengan Pemkab Berau, demi terwujudnya keinginan pemerintah pusat dalam melakukan pembangunan desa dari pinggiran.

"Alhamdulillah terbentuknya P-Apdesi Berau disambut baik oleh Bupati. Bupati juga meminta agar P-Apdesi menjadi mitra Pemkab dalam memajukan kampung sesuai nawa cita Presiden Jokowi," pungkasnya.(msz)