Fasilitas Kesehatan Cukup, Tapi Tenaganya Kurang

TELUK BAYUR – Minimnya tenaga kesehatan yang bertugas di wilayah perkampungan, seperti Kampung Tumbit Melayu, Kecamatan Teluk Bayur, memaksa warga untuk melarikan diri ke Puskesmas Induk yang berada di Kampung Labanan, untuk melakukan pengobatan. Suka tidak suka, menempuh perjalanan lebih jauh, tetap harus dilakukan untuk mendapatkan layanan kesehatan.

Seperti disampaikan Pj Kepala Kampung Tumbit Melayu, Saharuddin, tidak hanya di kampung tersebut, pada saat ini memang ada beberapa kampung yang juga mengalami hal serupa. Kondisi ini tentunya menjadi perhatian pihak pemerintahan kampung, namun tetap saja tidak bisa berbuat banyak, kecuali menyampaikan permasalahan ini kepada Pemkab ataupun dinas terkait.

"Memang dimana-mana tenaga medis di kampung pasti kekurangan. Seperti halnya disini, kami juga kekurangan. Bidan yang ada disini terkadang membantu untuk pelayanan di Puskesmas Induk. Sehingga, jika sewaktu-waktu ada warga yang sakit dan tidak ada petugas, maka harus dibawa ke Puskesmas Induk, sementara Bidan akan dihubungi kemudian kembali ke kampung jika ada yang mau melahirkan,” jelasnya.

Sementara untuk fasilitas kesehatan, saat ini terdapat 3 unit Puskesmas Pembantu (Pustu) dan 4 unit Posyandu di Kampung Tumbit Melayu. Sementara untuk Pustu dan Posyandu dikampungnya dinilai sudah memadai, sebab diketahuinya ada beberapa kampung lain yang hanya memiliki satu pustu.

Akan tetapi kembali diungkapkannya, biasa yang kurang adalah tenaga kesehatannya.  Namun, meski dalam posisi kekurangan tenaga kesehatan, ia berharap hak masyarakat kampung untuk mendapatkan pelayanan kesehatan tetap bisa diterima dengan baik dengan memanfaatkan tenaga yang ada saat ini.

"Semoga pelayanan kesehatan di kampung ini tidak lantas terkendala karena kurangnya tenaga kesehatan. Dan saya berharap semua bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan, yakni apabila ada yang sakit bisa tertangani dengan baik dan tidak ada yang sampai terlambat ditangani saat sedang sakit serius," tandasnya.(mta)