Inspektorat Periksa Kampung Gurimbang

TANJUNG REDEB - Senin (30/5/2016) kemarin, Inspektorat Kabupaten turun mengobok-obok administrasi Kampung Gurimbang. Tim Inspektorat tiba di Gurimbang sekitar pukul 13.00 Wita dan langsung membongkar semua berkas administrasi keuangan kampung. Secara rinci semua kegiatan yang menggunakan anggaran diperiksa satu persatu.

Pemeriksaan dilakukan detail terhadap penggelolaan keuangan yang digelontorkan untuk kampung terbaik se-Indonesia ini. Sebanyak 6 orang staf Inspektorat meneliti pertanggungjawaban keuangan Gurimbang tahun 2015. Tidak hanya penggelolaan keuangan yang bersumber dari APBD II berupa Alokasi Dana Kampung (ADK) yang diperiksa, APBN berupa Alokasi Dana Desa (ADD) dan bagi hasil pajak daerah juga turut diperiksa.
 
Selama tahun 2015, Gurimbang melaksanakan 8 kegiatan proyek fisik, yakni 5 kegitan dari ADK, 2 kegiatan dari ADD dan 1 kegiatan bagi hasil pajak daerah. Untuk memastikan kebenaran kegiatan pembangunan kampung sesuai antara di atas kertas dengan bukti lapangan, tim juga meninjau langsung proyek fisik yang ada dilapangan
 
Meskipun sempat tegang, Usai pemeriksaan, Kepala kampung Gurimbang, Madri Pani yang ikut langsung dalam pemeriksaan kemarin terlihat sumringah. Pasalnya, hasil pemeriksaan Inspektorat pada Gurimbang dinilai mendekati sempurna.
 
“Karena memang sejak awal kami komitmen mengikuti prosedur dalam pelaksanaan kegiatan, untuk menghindari masalah atau kesalahan,” jelas Madri.
 
Namun tujuan utama dari kegiatan inspektorat ini, menurut Madri adalah agar apa yang didapatkan dalam berbagai pelatihan atau sejenisnya dan menjadi dasar dalam mengambil kebijakan keuangan kampung sesuai dengan implementasinya dilapangan.
 
Gurimbang dinilai mampu mengadopsi pembekalan terkait pengelolaan keuangan yang diberikan selama ini. Mulai dari progres kegiatan hingga manfaat langsung yang dirasakan warga dari hasil pembangunan yang ada.
 
“Alhamdulillah kami mendapatkan nilai sangat baik, ini berkat dukungan semua pihak seperti BPMPK (Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Kampung-red) yang selalu memberikan arahan, warga dan terpenting jajaran pemerintahan kampung yang selalu mendukung kegiatan kampung yang muaranya pada kesejahteraan warga,” pungkasnya.(ana)