Tak Punya TPA, Sediakan Truk Angkut Sampah

TALISAYAN – Meski Kampung Talisayan, Kecamatan Talisayan belum memiliki Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah. Akan tetapi, pemerintah kampung setempat telah memiliki inisiatif guna mensiasati menumpuknya sampah yang kerap menghiasi tepi jalan.

Dikatakan Kepala Kampung Talisayan, Yamsir, sejauh ini untuk permasalahan sampah pihaknya sudah mulai mampu mengatasinya, meski TPA belum tersedia. Bahkan, saat ini pihaknya menyediakan sebuah truk khusus untuk mengangkut sampah sampah masyarakat setiap malam.

"Kita juga telah menyediakan truk sampah sejak tiga bulan lalu dari ADK, itu untuk sampah dan tidak untuk hal lain. Alhamdulillah, sangat efektif dalam mengangkut sampah. Sementara sampahnya kita buang ditempat yang jauh dari pemukiman," ujarnya pada beraunews.com, Selasa (12/07/2016)

Selain pengadaan truk, dikatakan Yamsir, pihaknya juga merekrut empat tenaga kebersihan yang digaji dari hasil pengumpulan sampah dari rumah-rumah warga yang ada di 16 RT yang ada di kampungnya. Sementara itu, untuk iuran sampah sendiri dibagi menjadi dua kriteria, yakni untuk rumah yang memiliki usaha sembako maupun industri rumah tangga dikenakan tarif Rp20 ribu, sedangkan untuk rumah yang tidak memiliki usaha apapun dikenakan tarif Rp10 ribu.

"Kalau mereka yang punya usaha itu tetap ditarif Rp20 ribu, tapi kalau rumah biasa itu terkadang ada yang bayar Rp5 ribu bahkan ada yang Rp3 ribu, dan itu tidak masalah. Sebenarnya itu lebih kita sebut sebagai sumbangan untuk kebersihan kampung," jelasnya.

Ketika ditanya, apakah hasil dari pengumpulan pembayaran sampah tersebut mencukupi untuk membayar bahan bakar serta gaji petugas kebersihan, Yamsir mengatakan, jika selama ini sudah tercukupi.

"Kita tunggu dulu uangnya terkumpul semua, lagi pula pembayaran sampahnya kan sekitar tanggal 3 hingga tanggal 7. Kalau sudah terkumpul kita langsung bayarkan, satu petugas honornya Rp1,5 juta. Sementara untuk bahan bakar itu akan dibayarkan dari saya pribadi dan Sekretaris Kampung jika uang sampah tidak mencukupi," bebernya.

Kendati demikian ia berharap, agar warga tetap menjaga kebersihan Kampung Talisayan. Tidak membuang sampah di sembarang tempat, seperti tepi jalan dan sungai.

"Kita harap warga tetap menjaga kebersihan dan membuangnya di tempat yang sudah disediakan, agar petugas mudah dalam mengangkut sampahnya," tutupnya.(hir)