Pilkakam Serentak Berlangsung Kondusif, 11 Petahana Gagal Terpilih Kembali

 

TANJUNG REDEB – Pemilihan kepala kampung (Pilkakam) serentak untuk 53 kampung usai digelar Rabu (25/10/2017) kemarin. Lalu apakah semua kampung melaksanakan pemilihan secara kondusif?

Ditanya seperti itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Berau Ilyas Natsir mengatakan, dari hasil pemantauan langsung yang dilaksanakan oleh Tim Kabupaten, Alhamdulillah situasi dan kondisi dari pelaksanaan pilkakam serentak, berjalan dengan aman dan lancar.

 

Walaupun dari hasil pelaksanaan pilkakam tersebut, setelah diadakan penghitungan hasil surat suara di masing-masing kampung, masih ada 2 laporan jika ada calon kepala kampung yang tak terpilih, tidak mau tanda tangan berita acara hasil pemilihan kepala kampung, yakni calon kepala kampung di Kampung Campur Sari (Kecamatan Talisayan) dan Kampung Pesayan (Kecamatan Sambaliung).

“Situasinya cukup baik, tentu dengan dinamika yang masih wajar. Kami berharap kakam yang terpilih secara demokratis ini bisa membawa perubahan kampung ke arah yang lebih baik, melalui pemanfaatan dana kampung yang optimal dan transparan. Sehingga tidak menimbulkan penafsiran yang tidak bagus,” tuturnya kepada beraunews.com, Kamis (26/10/2017).

 

“Selain itu, kami juga berharap, kakam terpilih dapat menjaga situasi dan kondisi pasca pilkakam serentak ini, dapat merangkul pesaing atau calon kakam yang tidak terpilih untuk dapat bersama-bersama membangun kampung dan dapat bersinergi untuk memajukan kampungnya, dapat menjaga keamanan dan ketertiban serta persatuan dan kesatuan yang berada di masyarakat kampong,” tambahnya.

Sementara staf pelaksana Syarifuddin Noor DPMK Berau menambahkan, pilkakam yang digelar di 53 kampung, diikuti 191 orang calon, dengan 33 orang calon incumbent (petahana). Khusus calon incumbent, yang terpilih kembali sebanyak 22 orang. 

“Sementara 11 petahana yang gagal terpilih kembali, yakni dari kampung Labanan Makmur (Kecamatana Teluk Bayur), Merapun (Kecamatan Kelay), Merabu (Kecamatan Kelay), Muara Lesan (Kecamatan Kelay), Merasa (Kecamatan Kelay), Lesan Dayak (Kecamatan Kelay), Campur Sari (Kecamatan Talisayan), Gunung Sari (Kecamatan Segah), Harapan Jaya (Kecamatan Segah), Pantai Harapan (Kecamatan Biduk-Biduk) serta Teluk Semanting (Kecamatan Pulau Derawan),” tandasnya.(bnc)