Cegah Suhu Panas Saat Pilkakam, Polisi Bakal Petakan Wilayah Rawan

 

TALISAYAN – Meskipun gelaran pemilihan kepala kampung serentak masih beberapa bulan lagi, namun suhu persaingan antar bakal calon sudah mulai terasa, khususnya di wilayah Kampung Talisayan.

Setidaknya, ada sekitar 6 kampung wilayah Talisayan dimana masing-masing panitia pemilihan kepala kampung (Pilkakam) di masing-masing wilayah mulai mempersiapkan Pilkakam serentak pada minggu ke empat bulan Oktober mendatang.
 
Untuk mengantisipasi terjadinya situasi yang tidak kondusif akibat persaingan tersebut, jauh-jauh hari Kapolsek Talisayan, Iptu Faisal Hamid mengimbau agar setiap bakal calon kepala kampung dan pendukungnya bersikap sportif sehingga tidak menimbulkan kegaduhan jelang pemilihan mendatang.
 
"Persaingan harus sportif, dan tidak saling serang dengan informasi menyesatkan demi meraih simpati masyarakat," ungkapnya saat dihubungi beraunews.com, Selasa (22/08/2017).
 
Dirinya menyampaikan, untuk saat ini Kamtibmas di sejumlah kampung yang akan melaksanakan pilkakam pada Oktober mendatang terbilang masih kondusif dan aman.
 
"Karena ini masih dalam tahap pemberkasan, jadi situasi masih aman," ujarnya.

 

Hanya saja kata dia, hal yang perlu diwaspadai adalah sesaat sebelum pemilihan dilakukan. Ia menilai, dalam kondisi tersebut apapun bisa terjadi, termasuk gangguan Kamtibmas akibat aksi maupun reaksi dari pemilihan kepala kampung itu sendiri. Untuk itu, pihaknya juga bakal melakukan pemetaan wilayah guna mencegah hal yang tidak diinginkan.
 
"Nanti jelang pemilihan kita akan melakukan pemetaan. Kampung mana saja yang dianggap rawan, pengamanan akan kita tingkatkan," bebernya.
 
Dirinya juga berpesan kepada seluruh bakal calon kepala kampung, agar dalam mendaftarkan diri jangan penuh ambisi untuk menang, sehingga melakukan cara-cara tidak terpuji untuk menang.
 
"Jadi peserta pilkakam harus berjiwa besar. Siap menang tentunya harus siap kalah. Jangan hanya siap menang tapi tidak mau kalah," tandasnya.(bnc)
 
Wartawan: Hendra Irawan/Editor: Rita Amelia