Ribuan Peserta Meriahkan Pawai Gelaran Kecamatan Batu Putih

 

BATU PUTIH – Memperingati proklamasi Kemerdekaan ke-72 Indonesia, Pemerintah Kecamatan Batu Putih menggelar pawai pembangunan dan kebudayaan, di Kampung Batu Putih, Sabtu (19/08/2017) kemarin. Pawai yang diselenggarakan sekitar pukul 08.30 Wita tersebut diikuti oleh seluruh kampung se-Kecamatan Batu Putih.

Berdasarkan pantauan beraunews.com, ribuan peserta dari berbagai usia, dan profesi turun ke jalan dengan menggunakan kostum unik. Disamping itu, ada juga yang menghiasi sejumlah kendaraan mereka, baik roda dua hingga roda empat dengan berbagai macam bentuk. Bahkan dari sejumlah kendaraan peserta, ada juga terlihat peralatan perang Alutsista TNI di pawai yang pertama kali dilakukan oleh pemerintah kecamatan itu.
 
Dimulai dari halaman Kantor Camat Batu Putih yang berada di RT 02, ribuan peserta membludak memadati poros jalan guna melakukan pawai menuju eks lapangan pesawat yang berada di RT 03 Kampung Batu Putih.
 
Sekretaris Kecamatan Batu Putih, Nofian Hidayat menyampaikan, peserta pawai diperkirakan berjumlah sekitar 2.000 ribu orang yang tergabung dari 7 kampung.
 
“Pawai ini pertama kali diselenggarakan oleh pemerintah kecamatan dalam rangka memperingati proklamasi ke-72. Perkiraan pawai diikuti dua ribu peserta, karena dari 1.800 kupon yang kita siapkan, masih banyak juga peserta yang belum kebagian,” ungkapnya kepada beraunews.com, Senin (21/08/2017).

 

Sementara, untuk hadiah, pihak panitia juga membagi hadiah dalam tiga kategori, yakni hadiah untuk umum, sekolah, dan kendaraan hias yang diundi melalui kupon undian. Selain menyiapkan hadiah hiburan, panitia juga menyiapkan doorprize 8 unit sepeda bagi peserta yang beruntung.
 
Sementara itu, setelah berjalan kurang lebih 2 kilometer menuju garis finish, peserta kemudian berkumpul untuk menunggu pengundian hadiah yang dilakukan oleh pihak panitia. Dalam kesempatan tersebut, Camat Batu Putih, Mansyur, dalam sambutannya mengapresiasi kreativitas dan partisipasi seluruh peserta dari semua kampung di wilayahnya. Ia berpesan, kepada seluruh peserta dan masyarakat di Kecamatan Batu Putih untuk meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan, agar tercipta kerukunan antar sesama masyarakat.
 
“Selain memeriahkan HUT ke-72 RI, melalui pawai ini kita ingin meningkatkan kreativitas muda mudi dan seluruh masyarakat. Kita juga ingin dengan kegiatan ini, dapat lebih meningkatkan tali persaudaraan, menyatukan perbedaan dalam menguatkan bangsa, khususnya dilingkungan Kecamatan Batu Putih,” jelasnya,

 

Disamping itu, dirinya juga mengajak instansi lintas sektor di Kecamatan Batu Putih, seperti pemerintah kecamatan, kepolisian, TNI, PGRI, dan pihak Dinas Kesehatan, melalui Pimpus Puskesmas Batu Putih, untuk bekerja sama dalam membangun Kecamatan Batu Putih menjadi lebih baik kedepannya.
 
Pawai sendiri diakhiri dengan pengundian hadiah, yang dimana dilakukan pihak muspika kecamatan dan pihak panitia.(*bnc)
 
Wartawan: Hendra Irawan/Editor: Rita Amelia