Gelar Pawai, Camat Minta Utamakan Kerukunan Antar Masyarakat

 

BATU PUTIH - Masyarakat Kampung Tembudan Kecamatan Batu Putih, pada Jumat (18/08/2017) mendadak heboh. Pasalnya, pukul 15.00 Wita, ratusan warga berkumpul di sepanjang jalan yang berada di RT 02 untuk melaksanakan pawai.

Pawai sendiri merupakan kegiatan yang dilaksanakan secara rutin setiap tahun oleh Pemerintah Kampung Tembudan, untuk meramaikan kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia. Kegiatan tersebut, tak hanya diikuti masyarakat Kampung Tembudan saja, sejumlah warga dari kampung terdekat juga ikut serta.

Berdasarkan pantauan beraunews.com, ratusan peserta terdiri dari berbagai macam profesi. Mulai dari anak usia dini hingga dewasa. Dalam acara itu, sebagian peserta juga mengenakan pakaian unik, seperti pakaian bernodakan darah dan aksesori bambu runcing yang dibawakan murid SD seperti halnya pejuang zaman dulu. Tak hanya itu, ada juga yang menggunakan pakaian daerah seperti adat Dayak, Timur, Jawa, Batak, dan Bugis. Disamping itu, ada juga organisasi pencak silat PSHT Ranting Batu Putih yang juga ikut berpartisipasi dalam acara tahunan itu.

 

Meskipun acara pawai sempat diwarnai dengan hujan gerimis, namun tak menyurutkan semangat seluruh peserta untuk menyelesaikan pawai hingga akhir. Sekitar kurang lebih 1 jam lamanya berjalan kaki,  peserta akhirnya sampai di lapangan bola yang merupakan garis finish. Tak sampai disitu, seluruh peserta pawai dan masyarakat juga disuguhi atraksi pencak silat dari PSHT,  dan kesenian kuda lumping.

Usai pertunjukan, Camat Batu Putih, Mansyur, dalam sambutannya menyampaikan, pawai yang dilaksanakan kali ini tidak kalah meriah dari pawai yang dilaksanakan pemerintah Kampung Tembudan tahun 2016 lalu. Dirinya juga mengapresiasi seluruh masyarakat Tembudan serta kampung sekitarnya yang telah ikut berpartisipasi dalam meramaikan pawai.

“Menurut saya pawai kali ini cukup meriah, meskipun diwarnai dengan gerimis. Peserta tetap menyelesaikannya sampai akhir,” ujarnya.

Dirinya juga berpesan, melalui pawai tersebut, diharapkan masyarakat yang berada di Kecamatan Batu Putih, khususnya Kampung Tembudan untuk selalu rukun dan aman.

 

“Dengan kegiatan ini saya berharap seluruh masyarakat di Kampung Tembudan hidup rukun damai dan saling menghargai sehingga tercipta hubungan kekeluargaan antar masyarakat," tandasnya.

Kegiatan pawai diakhiri dengan pembagian hadiah oleh pihak panitia kepada peserta yang beruntung.

Wartawan: Hendra Irawan/Editor: Rita Amelia