Pemerintah Talisayan Berharap Usulan TPI Direalisasikan

 

TALISAYAN – Hingga saat ini kebutuhan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) masih digaungkan. Pasalnya, Kampung Talisayan selain merupakan kampung pesisir juga sebagai salah satu penghasil ikan segar maupun ikan kering terbesar di Kabupaten Berau. Akan tetapi, hingga saat ini kampung tersebut masih belum memiliki TPI untuk mempermudah aktivitas nelayan setempat.

Pjs Kepala Kampung Talisayan, Abdul Hamid menyampaikan, keberadaan TPI memang sangat dibutuhkan untuk mendukung kegiatan nelayan di wilayah Talisayan. Seperti diketahui, selama ini masyarakat nelayan masih melakukan kegiatan bongkar muat di sekitar bawah jembatan Talisayan. Dengan lingkungan yang sempit, membuat aktivitas nelayan menjadi tidak maksimal.

"Apalagi di sini banyak masyarakat berprofesi sebagai nelayan, dan perlu fasilitas yang lebih baik untuk menunjang kegiatannya," ungkapnya kepada beraunews.com, Jumat (09/06/2017).

Mengingat pentingnya hal tersebut, pihaknya mengaku telah mengusulkan TPI ini ke pemerintah Kabupaten Berau, melalui intansi teknis terkait. Disamping itu, pihaknya juga telah mengusulkan kembali pembebasan lahan seluas satu hektar pada Musrenbang kecamatan beberapa bulan lalu. Ia mengaku dengan keberadaan TPI akan dapat mendukung pengembangan sektor perikanan dan kelautan yang menjadi sektor unggulan.

“Kalau pengajuan usulannya sudah kita layangkan ke instansi terkait. Tapi memang sampai sekarang masih belum ada kabar,” ungkapnya.

Sementara itu, apakah pembangunan TPI dapat dilakukan dengan menggunakan alokasi dana kampung atau ADK? Hal itu dikatakannya masih belum bisa dipastikan. Apalagi dengan anggaran ADK yang terbatas jelas akan memakan waktu cukup lama.

 

"Itupun kalau ada persetujuan dari semua masyarakat. Sebab, masih banyak keperluan lain yang cukup mendesak untuk segera direalisasikan. Tetapi, jika masyarakat setuju, memang tidak masalah," bebernya.

Kendati demikian, pihaknya tetap berharap usulan pembangunan TPI tersebut mendapat respon positif dari Pemkab Berau.

"Harapannya, usulan kita dapat direalisasikan, agar nelayan di sini dapat melakukan bongkar muat dengan nyaman. Apalagi, TPI ini juga sebagai pendukung pengembangan sektor perikanan di Talisayan," tandasnya.(bnc)

Wartawan: Hendra Irawan/Editor: R. Amelia