Ini Aturan Penerima Bantuan RLH

TANJUNG REDEB – Setelah dipastikan mendapatkan bantuan Rumah Layak Huni (RLH) untuk kampung Gurimbang, giliran pemerintahan kampung yang melakukan sosialisasi kepada warga yang menerima. Tahun ini Gurimbang dapat bantuan 9 unit RLH dari Dinas Perumahan dan Tata Ruang (DPTR) Kabupaten Berau.

Kepala Kampung Gurimbang, Madri Pani menyampaikan beberapa hal terpenting yang harus diikuti oleh warga penerima yang merupakan syarat baku dan harus dilaksanakan. Sosialiasi tersebut dilakukan pemerintah kampung sebagai bentuk penerapan kebijakan pemerintah yang mengiringi bantuan tersebut diturunkan kepada penerima.

“Ada 3 poin penting yang harus dilaksanakan dan disepakati bagi penerima bantuan RLH ini, yang pertama adalah harus menempati rumah tersebut. Sebab sebelum menerima bantuan, oleh pemerintahan kampung sudah dilakukan verifikasi untuk memastikan  warga penerima memang benar-benar layak dibantu,” jelas Madri.

Selain itu, selama 6 bulan tidak diperbolehkan merubah bentuk bangunan. Sebab, tidak menutup kemungkinan ada saja warga yang merubah bentuk rumah yang sudah dibantukan kepada warga penerima.

“Ini juga penting dan harus ditaati oleh si penerima, karena apa yang sudah disampaikan ini merupakan aturan dan Alhamudulillah dalam sosialisasi sudah disepakati bersama,” lanjutnya.

Terakhir, yang terpenting dari penerima RLH adalah menjaga dan merawat rumah tersebut dengan baik. Bantuan pemerintah untuk program ini semata membantu warga yang dinilai kurang mampu dalam memenuhi kebutuhan huniannya.

Namun seiring dengan bantuan tersebut harus dibarengi komitmen warga agar menjaga. Terpenting lagi ditegaskan Madri adalah tidak memberikan rumah terebut kepada orang lain apalagi menjualnya.

“Kalau sampai dijual itu sudah benar-benar menyalahi aturan, ini kami sampaikan diawal sebelum nanti dibangunkan dan diserahkan, dalam arti meskipun sudah diberikan harus mengikuti syarat-syarat ini atau bisa digugurkan,” lanjutnya.

Untuk pembangunan sendiri dipastikan sudah akan mulai dikerjakan setelah Lebaran tahun ini.(ea)