Wakili Gunung Tabur, Maluang Optimis Juara Desa 2017

 

GUNUNG TABUR – Dalam kesempatannya, tim penilaian lomba kampung dan kelurahan tingkat Kabupaten Berau, menyambangi Kampung Maluang sebagai perwakilan dari Kecamatan Gunung Tabur. Tetapi tahun ini penilaiannya berbeda, karena melihat kondisi Kabupaten Berau yang sedang defisit anggaran.

Untuk tahun 2017 ini, tim penilai menggunakan pola yang berbeda dengan tahun kemarin, yakni berkas persyaratan administrasi kampung dan kelurahan sesuai dengan Permen 381/2015, dari tim kecamatan akan mengirim ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Berau. Setelah peserta mengirim barulah akan diseleksi oleh tim penilai yang kemudian jika persyaratan lengkap barulah tim terjun ke lapangan untuk menilai.

Kepala Bidang (Kabid) Pemerintah Kampung DPMK Berau, Sudirman, menjelaskan, jika pelaksanaan tahun ini mengikutsertakan semua kecamatan yang ada di Berau. Namun, ada beberapa kampung yang tidak ikut kriteria lomba dan hanya mendapatkan pembinaan saja.

“Untuk kampung yang sifatnya pembinaan itu antara lain Kampung Tembudan Kecamatan Batu Putih serta Kampung Tabalar. Untuk kampung yang tidak mengikuti lomba nantinya tim juga akan turun ke lapangan guna memberikan motivasi dan bimbingan untuk ke depannya yang lebih baik,” tuturnya saat ditemui beraunews.com, Jumat (19/05/2017), di sela-sela penilaian.

 

Sementara itu di kesempatan yang sama, Kepala Kampung Maluang, Muchtar, mengatakan, Kampung Maluang dengan luas 30.000 hektar dan dihuni bebagai  jenis suku yang dipimpinnya tersebut, sudah dipersiapkan sejak seminggu sebelum tim penilai datang ke lokasi. Bahkan, materi yang akan dilombakan juga disiapkan bersama dengan aparatur kampung dan penggerak roda pemerintahan Kampung Maluang.

“Kami sangat optimis jika tahun ini akan menjadi pemenang, itu tak lepas dari persiapan yang sudah dilakukan sematang mungkin sejak jauh hari, guna meraih hasil yang maksimal. Dan itu semua juga tak lepas dari semua lini yang ada di Maluang ini, dimana saling bekerjasama,” tutupnya.(bnc)

Wartawan: Rama Sihotang/Editor: R. Amelia