Persiapan Ikut Lomba Desa, Biatan Ilir Programkan PJU

 

BIATAN – Dalam persiapannya mengikuti lomba desa di tingkat kabupaten, Pemerintah Kampung Biatan Ilir Kecamatan Biatan, programkan lampu penerangan jalan umum (PJU) yang dipasang di halaman rumah warga setempat. Saat ini, pemasangan PJU tersebut sudah terpasang sebanyak ratusan unit, dan tersebar di sejumlah RT di kampung itu. Hal itu dilakukan karena selain memberikan penerangan lingkungan, juga agar tampak lebih indah. Pastinya juga mencegah hal yang tidak diinginkan, seperti terjadinya tindak kejahatan.

Kepala urusan (Kaur) pembangunan, pemerintah Kampung Biatan Ilir, Yusuf Fattahuddin menyampaikan, bahwa salah satu tujuan program tersebut diantaranya adalah menambah keindahan lingkungan Kampung Biatan Ilir pada malam hari. Apalagi kata dia, kampungnya saat ini menjadi wakil Kecamatan Biatan dalam mengikuti lomba desa di tingkat kabupaten yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat ini.

 

“Ada banyak persiapan, salah satunya dengan program pemasangan PJU sebanyak 200 unit. Semuanya sudah terpasang, ini kita lakukan agar saat malam lingkungan kampung dapat lebih terang,” ungkapnya saat ditemui beraunews.com, Kamis (20/04/2017).

Disamping itu, salah satu tujuan lain dipasangnya PJU itu yakni mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan, seperti tindak kejahatan, pencurian, dan kecelakaan lalu lintas yang dikarenakan kondisi jalanan yang gelap. Apalagi kata dia, beberapa waktu lalu, salah seorang warga Biatan Ilir juga tewas di tempat akibat ditabrak mobil, usai melaksanakan salat Isya.

 

Meski begitu, ia mengakui terkait pengadaan PJU sendiri masih akan dilakukan penambahan, lantaran masih ada rumah rumah yang belum terpasang PJUnya. Namun kata dia, pemasangan PJU tersebut diupayakan pihaknya akan merata.

“Memang masih kurang, karena pemasangannya satu rumah satu PJU. Untuk wilayah RT 4 masih belum dipasangi. Tapi tahun ini itu akan merata terpasangi PJU,” ujarnya.(bnc)

Wartawan: Hendra Irawan/Editor: R. Amelia