Bangun Lapangan Bola, Pemerintah Kampung Biatan Bapinang Siapkan Lahan

 

BIATAN – Prestasi dalam olahraga tentu harus didukung fasilitas yang layak dan nyaman untuk digunakan. Misalnya, sepak bola yang merupakan olahraga yang paling banyak digemari, tak terkecuali masyarakat Kampung Biatan Bapinang, Kecamatan Biatan. Untuk itu, Pemerintah Kampung Biatan Bapinang akan membuat sebuah lapangan sepak bola representatif (sesuai dengan fungsinya-red), guna mencetak potensi-potensi muda berbakat khususnya dalam kegiatan olahraga.

Dikatakan Kepala Kampung Biatan Bapinang, Ramli, rencana pembangunan sepak bola tersebut sebenarnya sudah jauh-jauh hari tercetus. Bahkan, lahan yang kini akan dijadikan lapangan sepak bola itu, sudah dipersiapkan sejak tahun 2012.

“Itu masih zamannya Bandes (Bantuan Desa) belum ada ADK. Jadi, tanah itu kita beli seharga Rp20 juta dengan ukuran 100x120,” ungkapnya kepada beraunews.com, Rabu (29/03/2017).

Ia mengatakan, saat ini lahan untuk sepak bola tersebut sudah dipersiapkan, tetapi  masih perlu dilakukan penimbunan. Sementara lanjut dia, terkait penimbunan lapangan tersebut, pihaknya telah mengusulkan ke Dinas Pemuda dan Olahraga Berau, melalui Musrenbang kecamatan dengan skala prioritas pertama.

Bahkan disampaikannya, dari informasi yang didapatkannya, untuk penimbunan lapangan sepak bola tersebut, Dispora bersedia membantu, dengan catatan lahan yang akan digunakan tidak bermasalah.

“Yang penting lahannya jelas, dan tidak ada pembebasan lagi, yang saya dengar mereka siap bantu” ujarnya.

Saat ini, di sekitar lokasi lapangan sepak bola tersebut sudah dilakukan pembuatan parit untuk mengalirkan genangan air yang berada di sekitar lapangan. Sebenarnya kata dia, selain penimbunan lapangan, ada hal lain yang perlu dilengkapi ketika penimbunan selesai yakni membangun tribun penonton. Hanya kata dia, terkait tribun tersebut masih belum jadi prioritasnya dibanding penimbunan lapangan.

“Kalau penimbunan lapangan ini memang dananya juga lumayan besar. Sementara, untuk pembangunan lain seperti tribun dan lain sebagainya, itu akan kita lakukan secara bertahap melalui ADK,” jelasnya.

Dirinya berharap usulannya terkait penimbunan ini dapat direalisasikan oleh instansi terkait. Apalagi untuk Kampung Biatan Bapinang masih belum memiliki lapangan sepak bola sendiri, sehingga warga atau pemuda yang ingin bermain sepak bola harus pergi ke kampung tetangga.

“Kita berharap dapat dikabulkan. Karena ini juga merupakan kebutuhan masyarakat dalam mengembangkan hobi dalam berolahraga, dan membentuk potensi olahraga anak-anak yang ada di Kampung Biatan Bapinang,” tandasnya.(bnc)

Wartawan: Hendra Irawan/Editor: R. Amelia